Suriwahyuni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar kontekstual di alam sekitar

Belajar kontekstual di alam sekitar

#Tagur 7

Struktur dan fungsi akar. Tema pelajaran IPA kelas VIII semester satu. Tema yang menarik untuk di eksplorasi bersama peserta didik. Aku mulai menuliskan tema tersebut di papan tulis, melalui pertanyaan pemantik aku ajak peserta didik untuk berpikir tujuan pelajaran yang mereka harapkan dari tema yang telah di tentukan.

"Apa yang bisa kita pelajari dari tema tersebut?" Dalam waktu 10 menit Peserta didik mulai menyampaikan pendapatnya. "Apa itu struktur akar Bu" "Mengetahui fungsi akar Bu" "Melihat akar Bu" "Apa yang dimaksud dengan akar Bu". Dari jawaban Peserta didik tersebut, aku mengajak mereka menyimpulkan tujuan belajar nya yaitu, dimulai dari melihat akar kemudian mengetahui struktur dan fungsi akar. Dengan kata kunci melihat akar, maka aku rumuskan tujuan belajar mereka yaitu "Mengamati bentuk-bentuk akar pada tumbuhan yang ada di alam sekitar". Kata kunci mengetahui struktur dan fungsi akar maka tujuan belajar berikutnya adalah "Mengidentifikasi struktur akar dan mengidentifikasi fungsi akar berdasarkan hasil pengamatan dari beberapa sumber literatur".

Aku mulai dari tujuan belajar pertama yaitu mengamati bentuk-bentuk akar pada tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar. Aku ajak peserta didik berdiskusi tanya jawab terkait bentuk-bentuk akar. Dengan melihat buku paket yang ada peserta didik dapat melihat gambar bentuk akar tunggang dan akar serabut.

Langkah berikutnya, aku menjelaskan kegiatan yang akan mereka lakukan sesuai dengan Lembar Kerja Peserda Didik yang sudah aku bagikan sebelumnya. Mereka pun dengan tidak sabar nya berlarian keluar ruangan menemukan tumbuhan liar yang ada di halaman sekolah kemudian mencabut tanaman tersebut. Aku ikut mendampingi mereka di luar ruangan. Tak berapa lama beberapa murid menghampiri ku dan menunjukkan tanaman yang sudah mereka pegang, "tanaman ini bisa kan Bu?" "Bisa" sahut ku memberi penguatan.

Peserta didik yang sudah menemukan tumbuhan maka akar nya mereka bersihkan, dilanjutkan dengan menggambar tumbuhan yang mereka temukan di buku catatan. Aku sarankan agar peserta didik menempelkan tumbuhan yang mereka temukan di samping gambar yang mereka buat. Dilanjutkan dengan menuliskan keterangan jenis akar yang sudah mereka amati.

Melalui pembelajaran kontekstual ini, aku memberi kesempatan peserta didik belajar di luar ruangan. Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecintaan mereka akan alam sekitar, melalui proses menemukan tumbuhan yang sesuai dengan tema pelajaran membuat mereka senang dan antusias mengerjakan tugas belajar nya. Walaupun suasana kelas tidak beraturan karena peserta didik hilir mudik, tapi mereka dapat mengarahkan diri mereka sendiri dengan tertib. Ketika mencari tanaman di luar kelas mereka terlihat ceria bersenda gurau dengan temannya. Kemudian antusias menunjukkan hasil temuan mereka ke hadapan ku. Selanjut nya mereka tekun menggambar dan bisa membuat kesimpulan jenis akar tumbuhan yang mereka temukan.

Tuliskan pendapat saya mengenai belajar IPA hari ini!. Berikut tulisan refleksi mereka,"belajar IPA seperti ini tidak membosankan" "senang bisa belajar di luar ruangan" "Belajar tumbuhan itu menyenangkan" "saya jadi mengetahui bentuk akar tunggang dan akar serabut" "saya belajar dengan gembira".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

12 Oct
Balas



search

New Post