Suriyadi Al-Difaqi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
(Cerita Anak) Buah Belimbing Buah Kebanggaan
Ilustrasi gambar sumber: Merdeka

(Cerita Anak) Buah Belimbing Buah Kebanggaan

AlDifaqi- Butir air masih menggenang di ruas jalan kampung. Kokok ayam terdengar dari sudut desa. Sejenak saling bersahutan. Seolah ingin membangunkan satu sama lain dari mimpi indah semalam.

Aku baru saja merapihkan tas berisikan nasi timbel beserta lauk buatan Emak. Hari ini Bapak berencana mengajakku ikut berkebun belimbing milik Pak Nanang. Salah satu juragan belimbing di kampung sebelah.

Sudah 10 tahun Bapak bekerja di kebun belimbing Pak Nanang, Setiap hari Bapak berangkat kerja dengan sepeda onthel. Bapak merawat kebun belimbing dengan telaten. Dari menyiram, menyemprot, memangkas, membungkus, sampai memetik alias panen. Semua dilakukan Bapak beserta 5 karyawan lainnya.

"Besok ikut Bapak yaa ke kebun belimbing pak Nanang, kita akan panen belimbing." Begitu ucap Bapak usai salat magrib semalam

Tentu saja aku senang sekali. Mumpung hari libur. Aku pernah ikut sekali memanen buah belimbing dulu saat liburan semester. Salah satu teman Bapak naik tangga panjang dan memetik buah belimbing, kemudian belimbing tersebut dilemparnya kepada Bapak yang sudah standby di bawah untuk menangkap belimbing dan memasukkan ke dalam keranjang.

Satu persatu belimbing disusun dalam keranjang dengan hati-hati. Tak ada cacat akibat terjatuh karena tak tertangkap. Bapak bagaikan seorang atlet yang sudah mahir karena sering berlatih dan terbiasa. Inilah salah satu kesukaanku saat mengikuti Bapak panen belimbing.

Kami tiba di kebun. Beberapa teman Bapak sudah datang dan sedang merapihkan keranjang. Di Gubuk sudah ada pak Nanang yang menyiapkan makanan. Aku mendatangi pak Nanang dan menyalaminya.

"Waaah.... lagi libur yaa Gus sekolahnya." Sapa pak Nanang

"Iyaa Pak, makanya ingin ikut Bapak." Aku menoleh kepada Bapak yang tersenyum kepadaku.

"Nanti ikut bantuin yaa Gus, merapihkan bungkus belimbing atau menata belimbing yang sudah dipetik."

"Siaaap pak Nanang......" Aku senang diajak ikut membantu, jadinya aku datang bukan untuk menonton saja.

Kami bekerja cekatan. Semua sudah tahu tugas masing-masing. Aku sebagai pemeran pembantu saat panen ini merasakan kebahagiaan tak terkira. Beberapa kali ku dengar jokes ala bapak-bapak sehingga kerjaan memetik tak terasa selesai lebih cepat dari biasanya.

Kami merapihkan belimbing yang sudah dipetik. Memisahkan berdasarkan kualitas buah belimbing yang ada. Para petani menyebutnya 'grade'.

Ada belimbimg grade A, artinya kualitas beleimbing utama dengan ukuran paling besar dibanding lainnya. Grade B, artinya belimbing standar. Tidak terlalu besar atau kecil. Sementara Grade C, artinya belimbing yang secara penampilan fisik cacat. Ukuran kecil, ada lobang atau busuk.

Disela kesibukanku memisahkan jenis belimbing, Bapak berujar, "Kelak jadilah engkau belimbing grade A yaa Gus. Disukai banyak orang karena tampilan menawan dan banyak manfaat"

"Tampilan menawan disini tentu karena memiliki pribadi menyenangkan bagi semua orang dengan akhlak mulia." Lanjut Bapak

"Insya Allah Pak."

Kutimang salah satu belimbing grade A di tangan sebelah kanan, dan grade B di tangan sebelah kiri. Bagiku grade A dan grade B sama saja, asalkan aku bisa setiap hari berakhlak terpuji. Semoga.

Kegiatan panen hari ini ditutup dengan makan bersama di saung. Pak Nanang menyediakan menu sayur asem beserta sambel terasi plus ikan asin. Luar biasa nikmatnya.

Alhamdulillah....

Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post