suriyati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

RPP PAUD LURING

Besok tanggal 13 Juli 2020 merupakan hari pertama sekolah sesuai kelender pendidikan tahun [elajaran 2020/2021.

Namun berdasarkan SKB 4 menteri masih dilarang membuka sekolah bagi daerah yang berada di ZONA KUNING, ORANGE dan MERAH dan kebetulan daerahku termasuk dalam zona merah. Sehingga rancangan peraturan bupati yang sementara diproses dibagian hukum, "KEMUNGKINAN" hanya 2 kecamatan (Seko dan Rampi) yang diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka bagi :

1. SMA paling cepat bulan JULI (koordinasi dinas pendidikan provinsi)

2. SD dan SMP paling cepat bulan SEPTEMBER

3. PAUD paling cepat bulan NOVEMBER

Oleh karena itu belum ada pembelajaran tatap muka pada tanggal 13 Juli 2020 dan tetap melanjutkan belajar dari rumah sampai yang berwenang menyatakan covid-19 sudah aman untuk masyarakat.

Informasi kami terima dari korwil pendidikan setelah mengikuti pada rapat koordinasi tanggal 08 Juli 2020. (Dinas Pendidikan Kab.Luwu Utara Prov.SulSel)

Berdasarkan dari informasi tersebut, maka TK Pembina Rongkong termasuk daerah yang belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka, dan merupakan daerah yang tak bersinyal.

Untuk memulai pembelajaran di tahun pelajaran 2020/2012, bu Aty menyusun RPP Luring yang akan disampaikan ke orang tua untuk dipedomani dalam melaksanakan pendampingan kegiatan pembelajaran bersama ananda di rumah. RPP Luring ini sesuai dengan program Pemda melalui Dinas pendidikan Kab.Luwu Utara yaitu Program GSS (Guru Sahabat Siswa) yang telah dilaksanakan dimasa pandemi covid-19 ini.

Alhamdulillah, bu Aty merasa bersyukur karena tiga hari yang lalu ia telah mengikuti bimtek BDR. Walaupun RPP Luring ini belum sempurna dan masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi, tetapi bagi bu Aty ini sudah cukup membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di rumah sehingga proses pendidikan tetap berjalan.

Yuk disimak RPP Luringnya Bu Aty di bawah ini.

RPP Untuk Guru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

BELAJAR DI RUMAH (BDR) TK PEMBINA RONGKONG

Semester/Bulan/Minggu: I/Juli/Minggu ke – 1

Tema : ORIENTASI

Sub Tema : Perkenalan

Kelompok : B (Usia 5-6 Tahun)

KD : NAM 1.1,FM 3.3-4.3,KOG. 3.6-4.6,BHS 3.11-4.11,SOSEM 2.5,SN 3.15-4.15

Materi:

- Mengenal ciptaan Tuhan

- Pengembangan Motorik kasar dan Halus

- Pengelompokan benda

- Menceritakan kembali kegiatan yang sudah dilakukan

- Berani mengemukakan pendapat

- Membuat karya seni sederhana (Seni musik dan kriya)

Kegiatan main:

- Mengenal tata tertib di rumah

- Membantu orang tua di rumah

- Mengumpulkan daun – daunan di halaman rumah

- Membiasakan hidup sehat

- Perkenalan (nama, usia, jenis kelamin, jumlah bersaudara, ayah, ibu)

- Cara mengenal corona dan pencegahannya (menggunakan merica bubuk, minyak kelapa dan air)

- Membentuk corona menggunakan adonan tepung

- Membuat bentuk orang dari bahan sederhana (bahan bekas, biji-bijian, batu kerikil dll)

- Bermain tepuk “Corona”

- Bernyanyi (Perkenalan, hari pertama di rumah)

RPP Untuk Orang Tua Di Rumah

Bapak/ibu di rumah.

Minggu ini kita mulai sekolah tetapi kita belajar di rumah saja ya. Kami sangat mengharapkan bapak/ibu bisa mendampingi ananda belajar melalui bermain di rumah.

Tema bermain kita bersama ananda tercinta di rumah minggu ini adalah “Orientasi”, dengan sub tema “Perkenalan”.

Tujuan yang ingin dicapai adalah ananda dapat berkembang pada 6 aspek perkembangan, yaitu:

- Mengenal Tuhan sebagai pencipta

- Mengembangkan motorik kasar dan motorik halus

- Mengenal benda dengan cara mengelompokkan

- Bercerita menggunakan bahasa sederhana

- Mengembangkan sikap percaya diri

- Menampilkan karya seni sederhana baik berupa seni musik maupun kriya

Kegiatan main yang dapat bapak/ibu pilih minggu ini yaitu:

-Mengenal tata tertib di rumah

-Membantu orang tua di rumah

-Mengumpulkan daun – daunan di halaman rumah

- Membiasakan hidup sehat

- Perkenalan (menyebutkan nama, usia, jenis kelamin, jumlah bersaudara, ayah, ibu)

- Cara mengenal corona dan pencegahannya (menggunakan merica bubuk, minyak kelapa dan air)

- Membentuk corona menggunakan adonan tepung

- Membuat bentuk orang dari bahan sederhana (bahan bekas, biji-bijian, batu kerikil dll)

- Bermain tepuk “Corona”

- Bernyanyi (Perkenalan, hari pertama belajar di rumah)

Silahkan bapak/ibu memilih kegiatan mian yang akan dimainkan lebih dahulu. Bapak/ibu bisa memilih 1 kegiatan dalam 1 hari tanpa memaksakan kehendak kepada ananda. Jika ia tidak berminat pada kegiatan main yang ditawarkan maka bapak/ibu bisa mengikuti minatnya sehingga dapat belajar melalui bermain yang menyenangkan. Ingat bapak/ibu, kegiatan main di rumah harus membuat ananda nyaman dan tak bosan dirumah karena masa pandemi ini. Tolong diamati, foto atau direkam kegiatan main ananda termasuk kegiatan rutinitas membantu bapak/ibu di rumah dan ibadah. Kirim melalui WA ke guru kelasnya sebagai pedoman penilaian catatan perkembangan ananda.

Terimakasih bapak/ibu, salam sehat dan tetap semangat.

Semoga corona cepat berlalu.

Demikian RPP Luring Bu Aty semoga bermanfaat bagi guru PAUD dan mohon koreksiannya.

#TetapSemangat

#StayAtHome

#TantanganGurusiana

#TantanganMenulis H-118

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat Bu. Alhamdulillah sy sdh follow akun Ibu.

12 Jul
Balas

Trimakasih, sfh berkunjung, in syaa Allah aku pasti bertamu jg...

12 Jul

Semangat Bu. Alhamdulillah sy sdh follow akun Ibu.

12 Jul
Balas

Keren bu, RPPnya terima kasih

12 Jul
Balas

Butuh koreksian,,, salam semangat

12 Jul

mntap rpp nya bu

12 Jul
Balas

Butuh koreksian, trimakasih,, salam semangat

12 Jul

bagus banget ya bunda, orang tua juga dikasih pedoman proses pembelajaran.., kira2 SD ada gak ya bun..? terima kasih atas ilmunya bunda. salam sukses selalu

13 Jul
Balas

Trimakasih,, tetapi saya nda tahu tentang SD karena yang kuikuti bimbetk PAUD, in syaa Allah kalau ada nnt saya share..

13 Jul



search

New Post