Suryani Tajuddin

Guru biasa dengan berjuta mimpi☺️ ...

Selengkapnya
Navigasi Web

MENJAGA MOOD

"Lagi gak mood, nih. Males mo ngapa-ngapain."

Perkataan itu sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari. Seperti kata sepele, tapi mood ini ternyata adalah faktor penting dalam keberhasilan seseorang.

Manusiawi saja jika mood kita turun naik, namanya juga manusia yang memiliki emosi, pasti pernah mengalami yang namanya marah, sedih, senang dan lainnya. 

Seperti aku jika hati dah kepentok, mood pun turun drastis. Eh, kok turun? Kapan naiknya?

Yowes, pokoknya ngono wae. Hahaha ....

Sebagai guru, aku juga masih kesulitan mengendalikan mood agar tetap baik, ada-ada saja tingkah murid yang membuat kita emosi, benar? Aku juga manusia, bukan malaikat. Hehehehe

Tapi sebisa mungkin aku sih tetap menjaga agar moodku baik. Gimana caranya? Dengan tetap tersenyum. Tapi kalo gak ada orang, jangan juga senyum-senyum sendiri. Nanti dikira kurang waras. Hadeeehh.

Tapi coba kita berpikir dari sisi siswa deh. Bagaimana jika mood siswa itu lagi jelek, apakah mempengaruhi kegiatan belajarnya?

Tentu saja. Kita akan melakukan hal dengan baik jika mod kita baik. Begitu juga siswa.

Pembelajaran sekarang yang kita ingini adalah pembelajaran yang berpihak pada siswa. Jadi, apapun kebutuhan yang mendukung siswa belajar dengan baik, guru sebisa mungkin harus mengupayakan, termasuk menjaga mood.

Kita tahu, lingkungan belajar yang baik dan menyenangkan sangat mendukung kemauan atau minat belajar siswa. Siswa akan belajar dengan antusias dan bahagia jika hatinya senang. 

"Yowes, kalo gitu tinggal bagi-bagi hadiah aja, atau bermain sepanjang belajar biar hatinya siswa seneng ..."

Ya gak gitu juga ....

Lalu gimana caranya?

Sebagai guru, aku gak punya cara jitu agar mood siswa dalam belajar itu tetap stay baik.    Hal yang dapat kulakukan adalah tetap tersenyum pada setiap siswa, karena aku yakin senyum kita membawa setrum positif pada mereka. 

Hanya senyum?

Yo, gak. Hal lainnya silakan tambahin sendiri.  Hahaha.

Selamat berhari Jumat, semoga bertambah segala nikmat, menjalani kehidupan dengan sehat, juga penuh semangat. Selalu berpikir positif, karenanya itu akan menjadikan kita hebat.

 

Salam sayang

Suryani Tajuddin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat menjaga mood positif. InsyaAlloh jumat berkah.

09 Jul
Balas

Aamiin...

12 Jul



search

New Post