susanti lina

Guru SDN.Sariwangi Kecamatan Parongpong Kab. Bandung Barat. "Sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya."...

Selengkapnya
Navigasi Web

Imunitas

Oleh : Lina Susanti, S.Pd - SDN.Sariwangi

Siang tadi penyuluhan bersama Puskesmas mengenai sosialisasi vaksin yang mulai akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2021 dengan jadwal pertama untuk staf pelayanan pemerintahan desa, setelah itu akan mulai memberikan vaksin kepada guru. Sekarang pendataan vaksin diambil alih oleh puskesmas setempat.

Sebelum masuk ke bagian vaksinasi, dr Indria menjelaskan 3 konsep mengenai kesehatan, bahwa jika seseorang sakit itu ada 3 hal yang memperngaruhinya :

1. Faktor inang

2. Faktor virus

3. Faktor lingkungan

Ketiga faktor tersebut saling mempengaruhi.

Mengapa harus dilakukan imunisasi? Padahal kita sudah menerapkan protokol kesehatan. Kalau protokol kesehatan menjaga virus yang masuk dan mengurangi virus yang masuk, sedangkan imunisasi atau pemberian vaksin adalah memperkuat sistem imun atau kekebalan manusia secara spesifik ,jadi keduanya saling mempemgaruhi.

Cara menjaga imunitas secara umum adalah makan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga yang teratur dan manajemen stress yang baik. Namun itu belum cukup, tetap harus diberikan vaksin. Vaksin bersifat spesifik yaitu menstimulasi antibodi. Sebab antibodi hanya bisa terbentuk oleh infeksi alami atau pemberian vaksin.

Bandung Barat, 1 Februari 2021

#tantangangurusianaharike-135

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post