Susanti Mulyadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hikmah di Balik 'Masalah'

Hikmah di Balik 'Masalah'

Awal tahun 2020 adalah awal dimana semua perubahan terjadi, Virus Covid-19 membuat seluruh dunia terpaksa harus mengubah aktifitas hidup yang biasanya dapat terlaksana secara langsung tiba-tiba harus terhenti untuk meredam penyebaran virus yang mematikan ini. Hal ini juga berimbas kepada aktifitas belajar mengajar di sekolah. Biasanya saya bisa bertemu dengan para murid secara langsung, melakukan aktifitas bersama dan seketika semuanya harus berubah. Karena kegiatan belajar mengajar tidak mungkin berhenti begitu saja, maka perubahan pun secara cepat harus dilakukan, suasana belajar offline pun berubah menjadi online.

Mendadak Online “ ini bukan sesuatu yang mudah bagi saya secara pribadi karena selain harus membiasakan diri dengan aplikasi mengajar online, saya juga harus merubah aktifitas mengajar di kelas regular ke kelas online yang secara fisik harus berjauhan dengan murid. Selain itu, konsumsi data yang cukup besar juga menjadi isu saat pembelajaran terus di lakukan secara online langsung menggunakan aplikasi online meeting. Dari sini akhirnya saya berpikir untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menyeling pembelajaran online langsung dengan video pembelajaran agar ada variasi dalam proses pembelajaran. Jujur membuat video pembelajaran adalah sesuatu yang baru bagi saya, apalagi saya bukan orang yang percaya diri untuk merekam diri sendiri dalam sebuah video. Akhirnya saya terpikir untuk membuat video animasi dari perangkat sederhana yang saya miliki di laptop saya yaitu Ms Power Point. Dengan bermodal tutorial dari Youtube, saya mencoba belajar membuat karakter orang yang menyerupai saya, membuat bentuk-bentuk slide yang menarik dan mencoba memainkan animasi dari slide presentasi lalu mengubahnya menjadi sebuah video.

Puji Tuhan dari yang awalnya saya harus menghabiskan waktu seharian hingga berjam-jam untuk membuat satu buah video pembelajaran dengan gambar seadanya, tapi saya cukup puas karena murid-murid memberikan respon yang baik dari video yang saya buat dan menginspirasi saya untuk membuat video lain yang lebih baik. Selain itu juga dari sini saya bisa berbagi pengalaman dengan guru-guru lain mengenai hal ini. Selain mencoba membuat video pembelajaran, saya juga mencoba menggunakan beberapa web/aplikasi online untuk mendukung proses belajar mengajar seperti dalam latihan soal, praktek, atau refleksi pembelajaran. Beberapa web online seperti educandy, wordwall, quizizz, mentimeter, jamboard, padlet, amrita.olabs, pHet dan masih banyak lagi sangat membantu dalam variasi belajar mengajar secara online. Meskipun belum semua siswa bisa mencapai hasil maksimal dalam belajar mereka, tapi melihat mereka cukup aktif dan senang setiap kelas saya dimulai, itu memberikan semangat tersendiri bagi saya sebagai seorang guru yang masih terbilang belum banyak pengalaman ini.

Masih banyak hal yang belum saya coba dalam metode pembelajaran secara online yang saat ini ada, saya berharap saya masih bisa terus bersemangat untuk menggali pengetahuan baru baik dari metode mengajar dan penyampaian materi yang lebih baik lagi agar murid-murid saya lebih mudah lagi dapat menerima pengetahuan baru yang saya ajarkan. Satu hal yang saya syukuri adalah terkadang "Tekanan" dalam bentuk apapun membuat kita memiliki kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Salam bahagia untuk semua rekan guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post