[email protected]

Belajar tidak mengenal usia. Lahir di Gombong Kebumen, 29 Juni 1971. Pernah bersekolah di SPGN Kebumen. Sekarang Pendidik di SDN Mardharjo, Musi Rawas, Sumater...

Selengkapnya
Navigasi Web

Soal yang Lazim dan yang Jarang Dibuat oleh Guru di Sekolah

Bapak Ibu Guru dan Orang Tua, soal yang bagaimana yang lazim ditemui pada soal ujian anak-anak kita? Perhatian contoh berikut ini!

Contoh Soal Nomor 1Pupuk yang berasal dari kotoran hewan disebut ….A. pupuk komposB. pupuk kandangC. pupuk buatanD. pupuk urea

Contoh Soal Nomor 2Sarah ingin mengetahui apakah pupuk memengaruhi pertumbuhan tanaman. Terdapat empat pot yang mengandung tipe tanah yang sama. Masing-masing pot tersebut ditanam tanaman dan hanya dua pot yang ditambahkan pupuk seperti pada gambar¹.

Dua pot manakah yang harus dibandingkan untuk menemukan pengaruh pupuk terhadap pertumbuhan tanaman? Jelaskan jawabanmu!

Kita sama maklum bahwa soal yang selama ini banyak dibuat adalah seperti pada contoh soal nomor 1. Sedangkan soal nomor 2 adalah soal dengan tingkat berpikir yang lebih tinggi. Soal nomor dua diujikan kepada siswa kelas 4 SD/MI hanya 6% yang mampu menjawab benar. Bapak dan Ibu sendiri jika ditanya denga soal yang sama akan menjawab nomor berapa dan berapa?

Contoh Soal Nomor 3Campuran heterogen yang tersebar merata dan tidak mengendap disebut ….A. larutanB. homogenC. koloidD. suspensi

Contoh Soal Nomor 4Rika dan Jono membantu menyiapkan pesta ulang tahun. Mereka keliru meggunakan garam ketika membuat kue, bukan gula. Sesaat sebelum pesta dimulai Jono mencicipi kue dan mendapati rasa kuenya asin. Dapatkah Jono menghilangkan rasa asin dan menggantinya dengan gula?(Lingkari salah satu )

Ο YaΟ TidakTuliskan jawabanmu!

Dibandingkan nomor 4, soal nomor 3 juga soal yang lazim dibuat guru di sekolah. Soal yang inspirasi konteksnya dari dunia nyata seperti nomor 4 jarang sekali dibuat oleh para guru. Peserta didik tidak hanya memilih ya atau tidak tetapi mengungkapkan alasannya. Menurut Bapak dan Ibu guru/orang tua, ya tatau tidak yang dipilih?

Contoh Soal Nomor 550% dari 60 adalah ….A. 20B. 30C. 40D. 50

Contoh Soal Nomor 6Manakah di antara pernyataan berikut ini yang benar?A. 50% dari 60 lebih kecil daripada 30B. 30% dari 90 lebih kecil daripada 30C. 80% dari 200 lebih besar daripada 180D. 3% dari 90 lebh besar daripada 3

Soal nomor 5 adalah soal yang lazim dibuat guru di sekolah. Sedangkan soal nomor 6 yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi jarang dibuat guru. Akibatnya, pengetahuan konsep, fakta, dan prosedur matematika semacam itu didapati hanya 3 dari 10 peserta didik tidak memahami konsep persentase.

Skor dan peringkat Indonesia pada PISA

Melihat kenyataan di atas, tidak heran jika skor dan peringkat Indonesia pada PISA (Programme for International Student Assessment)² yang diselenggarakan oleh OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) beserta konsorsium internasional masih rendah.

Bapak Ibu, kita sebagai bangsa Indonesia masih harus menerima bahwa skor PISA dan Peringkat Indonesia pada kurun waktu tahun 2000-2018 masih memprihatinkan. Kemampuan membaca, 70% di bawah komptensi minimal. Kemampuan matematika adalah 71% di bawah kompetensi minimal. Sementara sains masih 60% berada di bawah kemampuan minimal. Skor PISA yang tergambar tersebut stagnan dalam sepuluh hingga lima belas tahun terakhir. Selama itu pula Indonesia “konsisten” sebagai salah satu negara dengan hasil PISA terendah.

Keterangan¹Keterangan Gambar: Webinar Sosialisasi Asesmen Nasional bagi Ketua KKG tanggal 13 November 2020 via Zoom²https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/tentang-pisa/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren Pak, bermanfaat sekali infonya. sukse selalu, salam.

15 Nov
Balas

informatif pak.. salam literasi..

15 Nov
Balas

Semua butuh proses, langkah awal yang sederhana mulailah dari diri sendiri hingga berangsur-angsur meluber ke sekitar, keren ulasannya sukses selalu

15 Nov
Balas

Pak Bambang, terima kasih.

15 Nov

Ulasan yang bermanfaat dan informatif pak guru. Semoga sukses selalu

15 Nov
Balas

Makasih, Maaf kalau ketikannya jadi kacau seperti itu.

15 Nov



search

New Post