Susiana Ervin Nurahmah

Menumbuhkan semangat literasi dengan belajar menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lakukan ini jika ingin Sekolah anda Tetap Eksis

Lakukan ini jika ingin Sekolah anda Tetap Eksis

Hari ini, Sabtu 12 Januari 2019 pagi, seluruh guru Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Banyuwangi berkesempatan mendapatkan pembinaan dari Wakil Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dihadiri oleh Bapak Alpha Amirrachman, M.Phil.,Ph.D. Acara yang berlangsung di Kampus 2 SMA Muhammadiyah 2 Genteng tersebut dihadiri oleh kepala sekolah beserta guru-guru Muhammadiyah mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs sampai SMA/SMK/MA.

Dalam kesempatan itu Alpha Amirrachman menyampaikan beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh kepala sekolah beserta guru agar sekolahnya tetap bisa eksis dan memiliki nilai jual yang bagus kepada masyarakat ditengah persaingan yang ketat. Munculnya sekolah-sekolah baru yang tiba-tiba besar pasti menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah yang merangkak dari kecil dan baru beranjak besar.

Hal apa saja yang harus dilakukan agar sekolah kita tetap eksis?

Harus Bisa menyesuaikan Diri

Menyesuaikan diri yang dimaksud adalah sekolah harus mampu berkompromi dengan perkembangan dan kemajuan zaman. Guru harus menyiapkan diri menyongsong era milenial dengan terus belajar. Harus terus move agar tidak terlindas zaman dan menjadi guru yang gaptek. Begitu juga dengan sekolahnya, harus di setting dengan sedemikian rupa agar memiliki prestasi gemilang. Fasilitas sekolah ditingkatkan dan dimaksimalkan. Andai Guru adalah ruh dari sekolah maka sekolah adalah badannya.

Mampu Menguatkan dan Memperteguh Identitas serta Ideologi Sekolah

Identitas sekolah harus ditonjolkan. Misalnya jika sekolah muhammadiyah harus mengembangkan model-model pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan pendidikan yang mengintensifkan pembinaan akhlak islami. Hal tersebut akan menjadi nilai lebih atau added values dari sebuah sekolah. Contoh lain dengan cara menonjolkan kegiatan ekstra kurikuler yang populer, kurikulum yang kuat dan pendidikan berkarakter.

Mampu Mengoptimalkan Peran dan Fungsi Lembaga Pendidikan

Sekolah yang berjalan harmonis yang akan lebih mudah untuk mempertahankan eksistensinya. Keharmonisan itu bisa dicapai jika semua pihak yang mengambil peran di sekolah bisa saling bekerjasama dalam menjalankan perputaran roda sekolah. Kepala Sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang lain saling paham dan mengerti tugas pokok sebagai fungsi keberadaan mereka masing-masing di sekolah.

Demikian, bisa diambil kesimpulannya masing-masing kan teman-teman guru Indonesia?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post