Susiana Ervin Nurahmah

Menumbuhkan semangat literasi dengan belajar menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sabar dan Disiplin Melalui Upacara Bendera

Sabar dan Disiplin Melalui Upacara Bendera

Senin menjadi hari wajib diadakannya upacara bendera di tiap sekolah. Meski hari pertama masuk sekolah setelah libur akhir pekan, tidak semua siswa bersemangat untuk mengikuti upacara. Terbayang bagaimana capeknya berdiri di lapangan, tidak bisa bergerak bebas, ditambah sinar matahari yang membakar jika cuacanya sedang terik.

Banyak siswa yang berteriak "huuu" jika bel tanda upacara akan dimulai upacara berbunyi. Mereka malas-malasan berjalan kearah lapangan upacara. Seperti benar- benar enggan mengikuti kegiatan yang satu ini.

Tak kalah lemasnya dengan bapak-ibu guru. Meski terlihat ceria, tapi saya yakin dalam hati mereka masing-masing akan lebih gembira jika upacara ini tidak dilaksanakan. Terbukti saat hari senin pagi hujan turun dan upacara tidak bisa dilaksanakan, bapak dan ibu guru akan senyum-senyum bahagia.

Padahal upacara bendera wajib dilaksanakan bukan tanpa maksud dan tujuan. Upacara memiliki banyak manfaat, baik bagi siswa maupun guru di sekolah. Dikutip dari beberapa sumber, upacara bendera memiliki manfaat:

Membiasakan Sikap Disiplin.

Dalam KBBI disebutkan, disiplin adalah sikap taat dan patuh pada nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Jadi disiplin merupakan sikap positif yang sangat dibutuhkan bagi tiap-tiap individu. Disiplin itu harus ditumbuhkan, tidak dapat hadir dengan sendirinya jika individu yang bersangkutan tidak memiliki tekad yang kuat untuk menjadi pribadi yang taat dan patuh pada aturan.

Dengan mengikuti upacara bendera maka kita semua akan dilatih untuk disiplin karena kita wajib mengikuti susunan upacara dari awal hingga akhir dengan tertib.

Meningkatkan Ukhuwah dan Kebersamaan.

Semangat kebersamaan bisa dirasakan dan dilihat saat seluruh peserta upacara mengikuti aba-aba dan perintah dari pemimpin upacara. Dengan kompaknya seluruh peserta mengikuti gerakan yang diperintahkan. Hal ini menumbuhkan perasaan yang sama bagi seluruh peserta upacara sehingga memunculkan rasa kebersamaan yang benar-benar bisa dirasakan.

Menumbuhkan Semangat Patriotisme dan Nasionalisme

Melalui upacara bendera peserta upacara dapat mendengar amanat pembina upacara yang menyampaikan keteladana para pejuang kemerdekaan Indonesia. Tak lupa juga peserta upacara akan diajak mengheningkan cipta untuk mendoakan arwah para pahlawan yang telah mendahului kita.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta upacara memiliki semangat cinta tanah air serta memiliki semangat juang dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Memupuk Jiwa Kepemimpinan.

Saat upacara bendera, maka akan ada petugas upacara. Biasanya diambilkan dari siswa-siswi kelas akhir. Untuk pembina upacara juga tidak hanya didominasi oleh kepala sekolah setiap minggunya, melainkan bergilir diantara para guru. Pada tahap ini petugas upacara memiliki tanggung jawab mengelola upacara agar berjalan dengan baik dan tertib. Disinilah saatnya mereka memupuk jiwa agar menjadi pemimpin yang baik dan menghasilkan kesuksesan.

Melatih Kesabaran

Kesabaran sangat diperlukan dalam mengikuti upacara bendera. Bagaimana peserta dapat mengikuti rangkaian upacara yang panjang dengan tertib dan tanpa mengeluh. Kesabaran dalam menghadapi lelahnya fisik maupun cuaca yang kadang terik atau turun hujan dengan tiba-tiba.

Demikianlah, ternyata upacara bendera memiliki banyak manfaat jika kita bisa melaksanakannya dengan baik. Semoga kita semakin semangat untuk mengadakan dan mengikuti upacara bendera setiap hari senin atau pada peringatan hari-hari besar RI dengan lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif. Barakallah. Semoga kami bisa meniru. Bismillah.

28 Jan
Balas

Alhamdulillaah, Barakallah bapak

30 Jan



search

New Post