Susi Friska Sinaga

Aku hanyalah setitik air yang berusaha memberi kelegaan untukMu. Meskipun akan habis setidaknya aku pernah berarti. (Susi F Sinaga)...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU, SISWA DAN TEKNOLOGI
Foto : Koleksi Pribadi

GURU, SISWA DAN TEKNOLOGI

#TantanganGurusianaMenulis 90 Hari (Hari ke-64)

GURU, SISWA DAN TEKNOLOGI

Kemajuan teknologi yang begitu pesat ‘memaksa’ kita harus tetap melek terhadap perkembangannya. Berbagai aktivitas sehari-hari yang dilakukan hampir keseluruhannya tidak terlepas dari kecanggihan teknologi, termasuk juga dalam hal belajar. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, dimana beberapa daerah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh. Tentunya peranan teknologi semakin dibutuhkan demi kelancaran proses pembelajaran.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam penerapan pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung. Meski demikian, dalam hal ini guru dituntut bisa memberikan materi pelajaran dengan berbagai cara agar siswa mudah memahami. Penggunaan web ataupun aplikasi kerap menjadi cara jitu untuk mencapai tujuan pembelajaran oleh guru. Berbagai inovasi dengan bantuang teknologi setidaknya dilakukan agar dapat merancang materi. Bahan ajar dibuat semenarik mungkin untuk menciptakan semangat belajar siswa di rumah ketika menerimanya. Salah satu cara dalam merancang materi pembelajaran adalah membuat video pembelajaran.

Pastinya langkah awal yang dilakukan guru dalam memuat video pembelajaran adalah merancang materi secara ringkas dan jelas. Selanjutnya memilih aplikasi pembuat video (baik online maupun offline) yang cocok digunakan untuk tingkatan usia ataupun kemampuan siswa. Selain itu, pada tahap ini dibutuhkan juga kecermatan guru terhadap hasil akhir video yang dibuat. Tujuannya adalah agar nantinya hasil akhir kegiatan pembuatan video dapat diunduh dan bisa di disaksikan siswa.

Bagi guru yang masih ‘meraba’ dalam membuat video pembelajaran, boleh melihat beberapa tutorial pembuatan video pembelajaran. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang mudah tanpa ribet dan telah menyediakan template (format yang tersedia), sehingga guru hanya memasukkan beberapa kata untuk menunjuk poin-poin penting menyangkut materi. Salah satu contoh dalam membuat video pembelajaran yang sangat penulis gunakan adalah menggunakan aplikasi Powtoon. Sebuah aplikasi menyuguhkan beragam template dan fitur-fitur yang sangat mudah digunakan.

Tak terlepas juga bagi siswa, pemanfaatan teknologi secara positif pastinya membantu menerima pembelajaran dengan baik. Melalui pembiasaan diri menggunakan teknologi bagi guru dan siswa, tentunya akan melancarkan pembelajaran sehingga tujuan belajar dapat tercapai maksimal. Namun di sisi lain, tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan guru secara langsung untuk melakukan pembelajaran bersama siswa pastinya jauh lebih baik dibandingkan teknologi. Semoga masa pandemi ini segera berakhir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Bu SusiSemoga keadaan segera normal

30 Jul
Balas

Amin. Terima kasih bu Emi.

31 Jul

Guru membimbing dan mendidik dengan banyak contoh dan cara. Tekhnologi sebatas mengajar saja. Apapun itu,guru tak kan tergantikan.

30 Jul
Balas

Benar sekali bu, setuju.

31 Jul

Mantap..Sukses..bu

30 Jul
Balas

Terima kasih bu Yuli atas apresiasinya.

31 Jul

Keren sekali artikelnya bu. Di zaman ini teknologi menjadi idola

30 Jul
Balas

Terima kasih atas kunjungannya bu Maria. Benar bu.

31 Jul

Saatnya gurupun belajar ya bu... sukses selalu

30 Jul
Balas

Benar bu. Sukses juga ya bu

31 Jul

Bener banget ibu cantik. Pembelajaran tatap muka jauh lebih baik bagi semua kalangan. Sukses ya Bu...

30 Jul
Balas

Iya bu Ai. Terima kasih dan salam sukses juga untuk ibu ya.

31 Jul

Inspiratif bu

30 Jul
Balas

Terima kasih pak.

31 Jul

Artikel yang sangat membantu untuk yang masih meraba-raba...mau ga mau guru harus selalu berinovasi agar mutu tetap terjaga..kereeen bunda, salam sukses selalu bunda Susi

30 Jul
Balas

Terima kasih pak Khalid. Sukses juga buat Bapak ya.

31 Jul

Keren Bu Susi. Salam literasi, Sukses selalu.

29 Jul
Balas

Terima kasih pak Edi. Salam sukses selalu

29 Jul

Bener Si...peran guru tak tergantikan dengan teknologi. Tulisan yang inspiratif, keren banget.

29 Jul
Balas

Terima kasih atas apresiasinya bu Hunaifah.

29 Jul

Keren bu susi.... Sll semangat sukses terus bu

29 Jul
Balas

Terima kasih bu Cucu. Salam sukses selalu juga ya buat ibu....

29 Jul

Ya, semoga semua cepat berakhir. Terima kasih sudah berbagi informasi.

30 Jul
Balas

Amin. Terima kasih sudah berkunjung di akun Susi pak.

31 Jul

Sama-sama Bu

13 Aug

Mantap bun...moga sukses selalu

29 Jul
Balas

Terima kasih Bu Solvia. Sukses juga buat ibu.

31 Jul

Keren ilmunya Bu Susi. Terima kasih telah berbagi pengalaman.

29 Jul
Balas

Terima kasih bu Alina. Sama-sama bu, salam sukses ya bu

29 Jul



search

New Post