Susi Friska Sinaga

Aku hanyalah setitik air yang berusaha memberi kelegaan untukMu. Meskipun akan habis setidaknya aku pernah berarti. (Susi F Sinaga)...

Selengkapnya
Navigasi Web
ZOOMINAR KACABDIS PENDIDIKAN MEDAN UTARA
Foto : Koleksi Pribadi

ZOOMINAR KACABDIS PENDIDIKAN MEDAN UTARA

#TantanganGurusianaMenulis 90 Hari (Hari ke-71)

ZOOMINAR KACABDIS PENDIDIKAN MEDAN UTARA

Saat pandemi ini, pemerintah menginstruksikan agar sekolah yang berada pada zona kuning dan merah diminta menerapkan pembelajaran jarak jauh, salah satunya adalah Medan. Menyikapi hal itu, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara melalui Cabang Dinas Medan Utara merasa perlu memberi pencerahan mengenai stategi pendidik dalam mengatur pembelajaran jarak jauh bagi guru. Dengan demikian diselenggarakanlah kegiatan seminar melalui Zoom dengan tema “Strategi Manajemen, Konten dan Psikologi Bagi Tenaga Pendidik di Masa Covid 19.”

Peserta kegiatan ini adalah guru dan kepala sekolah SMA/SMK di wilayah Medan Utara. Pembagian jadwal seminar dibagi ke dalam 6 Zona, yaitu: 1) Zona 1 dan 2, dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2020 pukul 08.00 – 12.00 WIB; 2) Zona 3 dan 6, pada tanggal 05 Agustus (zona 3 pukul 08.00 – 12.00 WIB dan zona 6 pukul 13.00 – 17.00 WIB); 3) Zona 4, pada tanggal 03 Agustus pukul 08.00 – 12.00 WIB; dan 4) Zona 5, dilaksanakan pada tanggal 04 Agustus 2020.

Dua hari sebelum pelaksanaan seminar, seluruh peserta diundang untuk bergabung ke grup Whatsapp. Tujuannya untuk mempermudah proses pendataan sekaligus menginformasikan “meeting ID dan code.” Kebetulan sekolah saya berada pada zona 3, maka hari ini adalah giliran kami untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Acara dipandu oleh Ibu Ratih sebagai moderator. Dilanjutkan sambutan pembukaan oleh Bapak Plt. Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Bapak Lasro Marbun, SH., M.Hum. Ada empat orang narasumber untuk pengisi acara tersebut, yaitu Bapak Dr. Murbanto Sinaga, Dr. Eng., Ir. Indra, MSc, Dr. Parapat Gultom, dan Dr. Drs. M. Joharis Lubis, MM. Masing-masing narasumber memberikan materi dengan bagus. Namun dikarenakan jaringan yang tidak stabil, saya beberapa kali harus tersendat bahkan terputus ketika mendengarkan pemaparan narasumber.

Secara garis besar, materi yang disampaikan adalah bagaimana guru harus mampu membuat strategi belajar dengan mengisi pembelajaran yang mudah diakses dan dipahami siswa. Guru juga harus mampu melihat atau mencari tahu kondisi siswa yang mengalami kendala di saat mengikuti pembelajaran daring. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Berhubung dikarenakan akan masuk seminar zona 6, maka sesi tanya jawab dibatasi hanya tiga orang penanya.

Demikian reportase yang bisa saya sampaikan untuk zoominar hari ini. Salam semangat untuk para guru dalam melaksanakan tugasnya di masa pandemi ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportasenya lengkap sekali. Keren bu

06 Aug
Balas

Terima kasih bu Gismawarni atas apresiasinya

06 Aug

Reportase yang keren dan lengkap ulasannya bu. Salam sukses bu Susi

06 Aug
Balas

Terima kasih bu Yesst atas apresiasinya. Salam sukses juga buat ibu

06 Aug

Keren reportasenya bun...moga sukses selalu

05 Aug
Balas

Terima kasih bu Solvia,,,,sukses juga buat ibu ya

06 Aug



search

New Post