Susi Suharyani

Susi Suharyani mengajar mulai tahun 1991 sampai sekarang. Mulai mengajar di sekolah swasta SMA/SMK Tunas Pelita Binjai, SMA/MAS Setia Budi Binjai, SMA Dharmawan...

Selengkapnya
Navigasi Web
KHATAMAN AL-QUR'AN &WISUDA TAHFIZH

KHATAMAN AL-QUR'AN &WISUDA TAHFIZH

Khatmil Qur’an yang biasa disebut khataman Al-Qur’an merupakan suatu peristiwa tradisi dan berisi pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an. Kata khatmil Qur’an berasal dari Bahasa Arab yaitu khatm yang memiliki arti “membaca hingga akhir”. Sehingga khatam Qur’an merupakan sebuah istilah untuk kegiatan pembacaan ayat Al-Qur’an dari awal surah hingga akhir surah di Al-Qur’an yang sesuai dengan urutan dalam mushaf Al-Qur’an.

Khataman A-Qur’an merupakan salah satu upacara adat yang biasa dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur karena anak sudah mampu membaca dan menamatkan Al-Qur’an. Program membaca Al-Qur’an yang setiap hari dilakukan oleh anak-anak MAN Binjai sebelum dimulai belajar selama 15 menit telah tamat dibaca dari awal surah sampai akhir, dan hari ini adalah puncak kegiatan untuk anak-anak kelas XII. MAN Binjai menggelar khataman Al-Qur’an sekaligus wisuda tahfizh yang di gelar di halaman sekolah dengan mengundang orang tua.

Pelaksanaan khataman dan wisuda tahfizh kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan menampilkan wisudawan terbaik sebanyak 6 orang yang sudah berhasil menghapal mulai dari 10 juz, 6 juz, 5 juz, 4, 3 dan 2 juz. Setelah ke enam anak menerima piagam dan mahkota, kemudian orang tuanya diminta untuk duduk di tempat yang telah disediakan. Keenam anak tersebut menyerahkan mahkota kepada ayah/bundanya. Suasana haru jelas terlihat saat masing-masing anak memasangkan mahkota di kepala orang tuanya dengan diiringi alunan lagu syahdu tentang bakti anak kepada orang tuanya.

Acara dilanjutkan untuk menyerahkan selempang dan piagam, dengan memanggil setiap anak kelas XII dimulai dari kelas XII MIA-1 sampai selesai. Terakhir acara ditutup dengan kesan dan pesan dari salah satu perwakilan anak kelas XII.

Ahamdulillah, acara berjalan lancar dan sukses. Semoga ananda semua bisa melanjutkan hafalannya setelah keluar dari MAN Binjai, dan tetap dengan Al-Qur’an.

Madrasahku, 25 Sya’ban 1445H (6 Maret 2024)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post