P5 Dan P2 RA di Madrasah Aliyah Negeri Binjai
Hari ini program sekolah mulai melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatallil Alamin (P2RA). Acara di buka secara simbolis oleh kepala sekolah. Semua murid kelas X turun ke lapangan sekolah, duduk di tempat yang sudah di persiapkan. Kepala sekolah membuka dengan mengingatkan untuk tetap mematuhi peraturan yang ada di sekolah, seperti tetap memakai peci dan atribut lainnya. Pelaksanaan proyek dimulai dari hari ini sampai dua minggu kedepan. Harapannya setelah dua minggu semua siswa telah selesai menghasilkan suatu produk, setelah itu barulah dilaksakan panen karya dengan mengundang orang tua dan simpatisan lainnya.
Proyek kali ini adalah proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilaksanakan di kelas X. Proyek ini diharapkan dapat mengembangkan seluruh dimensi Profil Pelajar Pancasila khususnya 2 dimensi yaitu Kreatif, dan Mandiri. Proyek ini mengangkat tema 3 yaitu “Kewirausahaan” dengan topik Pembuatan Tas dari Tali Kur. Peserta didik harus menyusun rencana, melaksanakan, dan membuat laporan proyek dalam bentuk makalah, poster atau berbagai media kreatif lainnya. Seluruh proses dan hasil pengerjaan proyek didampingi oleh fasilitator. Selain itu, di akhir proyek, peserta didik diharuskan mempresentasikan kepada penguji baik dalam presentasi atau dalam kegiatan pameran.
Dimensi yang dikhususkan untuk proyek ini seperti telah disebutkan adalah
Kreatif, dan Mandiri. Secara lebih lengkap dipaparkan pada tabel berikut.
Dimensi
Kreatif
Mandiri
Elemen
Mengahasilkan gagasan yang original
Pemahaman diri dan situasi yang di hadapi
Menghasilkan karya dan
tindakan yang original
Regulasi diri
Memiliki keluwesan berpikir
dalam mencari alternatif solusi permaasalahan
Setelah kegiatan proyek ini dilaksanakan, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi masalah ekonomi kreatif dan merumuskan alternatif solusinya, serta memberikan kontribusi aksi bagi permasalahan tersebut. Selain itu, peserta didik diharapkan mendapatkan penguatan Profil Pelajar Pancasila khususnya kreatif dan mandiri.
Kegiatan proyek akan dilaksanakan berdasarkan alur sebagai berikut.
No.
Alur
Deskripsi Kegiatan
1
Sosialisasi
Penjelasan proyek di tema dan topik tertentu oleh
koordinator atau tim. Membahas seluruh teknis dan aturan dalam pelaksanaan proyek
2
Studi Pendahuluan
Studi awal yang dilakukan oleh peserta didik didampingi
oleh fasilitator masing-masing untuk menemukan masalah dan landasan teori penunjang proyek.
3
Merumuskan
Masalah
Tahapan peserta didik menyimpulkan permasalahan yang
akan dipilih untuk ditemukan solusi atau diselesaikan.
4
Merencanakan
Proyek
Membuat perencanaan tahapan penyelesaian proyek.
5
Melaksanakan
Proyek
Melaksanakan rencana yang telah disusun.
6
Menyusun
Presentasi Proyek
Membuat tampilan dari hasil pelaksanaan proyek dalam
bentuk yang sudah disepakati dan ditentukan.
7
Pengujian Proyek
Proses penilaian proyek yang dilakukan oleh tim fasilitator pada jadwal yang ditentukan secarfa bersamaan bersama dengan proyek di tema dan topik yang lain.
Proyek yang dilaksanakan kemudian dinilai melalui asesmen penilaian Profil Pelajar Pancasila pada elemen dan subelemen yang telah diatur. Penilaian dilakukan oleh fasilitator pada saat proses bimbingan dan pengujian proyek.
Madrasahku, 17 Rabiulawal 1445H

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar