Suwarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Memberikan Apresiasi kepada Seseorang
Gambar diunduh dari Google.com

Pentingnya Memberikan Apresiasi kepada Seseorang

Menulis hari ke-116 (1556)

/

Kata apresiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti memiliki dua arti.

1. Apresiasi adalah kesadaran seseorang terhadap sebuah nilai dari seni.

2. Apresiasi adalah penghargaan terhadap sesuatu, bisa itu barang, hasil pekerjaan, atau seseorang.

Dalam hal ini akan dibahas arti apresiasi yang kedua yaitu penghargaan terhadap sesuatu, bisa berupa barang, hasil pekerjaan, atau seseorang.

a. Apresiasi bisa diberikan atas penghargaan terhadap sesuatu misalnya sekolah memperoleh penghargaan atas raihan prestasi nonakademik di bidang kebersihan lingkungan maka sekolah lain akan memberikan penghargaan berupa ucapan misalnya "Selamat ya atas prestasi sekolah Anda yang memperoleh penghargaan di bidang kebersihan lingkungan", "Selamat dan sukses atas raihan prestasi sekolah Bapak/Ibu", "Selamat ya, semoga sekolah kami bisa terinspirasi untuk mengikuti jejak sekolah Bapak/ Ibu" dan masih banyak lagi ucapan-ucapan yang menyebutkan selamat atas keberhasilan sekolah tersebut.

b. Apresiasi berupa barang misalnya seorang anak mengikuti lomba pembuatan souvenir di tingkat kabupaten dan berhasil menjadi juara maka ungkapan apresiasi yang diterima si anak misalnya "Selamat ya Nak, atas penghargaan terhadap hasil karyamu", "Selamat dan selalu berkarya untuk prestasi-prestasimu selanjutnya", "Selamat atas karya yang hebat ini semoga bisa memicu siswa yang lain untuk berkarya", dan masih banyak lagi ucapan penghargaan jika seseorang meraih juara atas penciptaan barang atau karya yang dihasilkannya.

c. Hasil pekerjaan yang diperoleh seseorang misalnya seseorang yang bekerja di bidang tertentu dengan mengedepankan semangat kerja dan disiplin serta tanggung jawabnya terhadap pekerjaan yang diembannya. Berkat dedikasinya tersebut dia mendapatkan penghargaan sebagai karyawan terbaik di suatu perusahaan dan dia berhak dipromosikan untuk jabatan yang lebih baik dari jabatan sebelumnya. Dengan begitu akan menjadi inspirasi bagi karyawan yang lain untuk meningkatkan kinerjanya sebagai karyawan. Ini juga bisa dilakukan oleh seorang guru atau pendidik di sekolahnya masing-masing.

d. Seseorang yang bekerja dengan disiplin, bertanggung jawab, berinovatif dan berkolaboratif akan menghasilkan seseorang yang hebat dalam bidangnya misalnya seorang guru yang mengikuti pemilihan guru berprestasi. Si guru akan memulai dari dirinya terlebih dahulu untuk selalu disiplin dalam mendidik siswa kemudian dia diminta sekolah untuk mengikuti pemilihan guru berprestasi misalnya dia sudah menghasilkan beberapa karya berupa buku solo, antologi, jurnal, bahkan PTK. Nah ketika dia mengikuti lomba guru berprestasi maka akan ada karya yang ditampilkannya dihadapan juri selain juga ada tes tertulis dan wawancara untuk mengikuti lomba guru berprestasi. Jika memang dia bisa mengikuti tes dan wawancara dengan baik serta karya bukunya sebagai nilai tambah bagi si guru maka kemungkinan dia menjadi pemenang lomba guru berprestasi akan terwujud.

Pentingnya memberikan apresiasi kepada seseorang akan berdampak pada hal-hal positif, seperti.

1. Kepercayaan diri (PD) seseorang akan meningkat.

2. Kedisiplinan seseorang akan lebih baik lagi.

3. Keingintahuan seseorang bisa lebih terbuka lagi.

4. Kegigihan dan daya juang seseorang lebih terpacu lagi.

5. Rasa inovatif dan kolaboratif lebih terpacu dengan adanya lomba.

6. Daya kreativitas dan sportifitas lebih dijunjung.

7. Terbiasa mengikuti kegiatan dan selalu ingin berbagi.

8. Kerendahhatian harus selalu dipelihara seseorang.

Dengan mengapresiasi kepada seseorang maka akan tumbuh hal-hal positif pada seseorang atau siswa. Saatnya selalu memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan seseorang jika dia memperoleh juara atau kemenangan dan saatnya menguatkan seseorang jika dia belum memperolah juara dan kemenangan. Jangan sekali-kali mematahkan semangatnya untuk menjadi yang terbaik tetapi jika dia belum berhasil menjadi yang terbaik saatnya Anda memberikan dukungan dan semangat untuk tetap bisa berlomba atau berkarya. Jangan anggap apresiasi atau dukungan semangat kepada seseorang tidak ada gunanya, justru dengan memberikan dukungan atau apresiasi kepada seseorang akan membuat seseorang kuat dan bernyali untuk tetap ikut setiap kegiatan lomba.

Semoga kita bisa menjadi seseorang yang selalu memberikan semangat dan apresiasi kepada siswa atau seseorang yang kita temua di mana pun saja berada. Tetap semangat jika belum berhasil dan selamat atas keberhasilan Anda memperoleh juara atas lomba ini. Semoga kita tidak menjadi seseorang yang susah untuk mengapresiasi prestasi seseorang dan tidak lupa memberikan semangat jika seseorang belum berhasil. Tetaplah menjadi inspirasi bagi seseorang.

Salam Apresiasi

SungPad, 25 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post