Suwarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Penyuluhan Penggunaan Medsos oleh LABC
Gambar Koleksi Pribadi

Penyuluhan Penggunaan Medsos oleh LABC

Menulis 365 hari, hari ke-139 (1211)

Senin, tanggal 22 Mei 2023 setelah upacara bendera diadakan penyuluhan dampak penggunaan medsos bagi pelajar. Acara ini disampaikan oleh Ibu Merry dari Lembaga Anak Bangsa Cerdas (LABC). Penyuluhan ini bermanfaat bagi pelajar. Sebelumnya Bu Merry sudah diterima oleh Kepala SMPN 5 Tanjungpandan yaitu Pak Darmawijaya, S.Pd. Beliau sangat mendukung program yang disampaikan oleh LABC tersebut dan menurut beliau itu sangat bermanfaat bagi siswa Spenma.

Siswa bersemangat untuk mendengarkan penyampaian materi oleh Bu Merry. Bu Merry juga menyampaikan materi dengan semangat dan komunikatif. Siswa yang mengikuti penyuluhan adalah siswa kelas 7 dan kelas 8 sekitar 300-an orang siswa.

Dampak positif dan negatif yang disampaikan oleh Bu Merry intinya sama dengan yang ada di https://www.smadwiwarna.sch.id/dampak-positif-dan-negatif-media-sosial/

Salah satu daya tarik dari smartphone ialah tersedianya banyak media sosial. Keberadaan media sosial ini bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan orang lain yang ada di belahan dunia manapun. Namun, penggunaan media sosial juga memberikan dampak negatif bagi penggunaannya terlebih jika tidak digunakan dengan bijak, salah satunya untuk pelajar. Lalu apa saja dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar?

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Saat ini pengguna media sosial tidak hanya orang dewasa saja, melainkan juga para pelajar. Dimana satu orang pelajar bisa memiliki lebih dari satu media sosial. Penggunaan media sosial bagi pelajar memberikan dampak positif maupun negatif. Inilah beberapa dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar.

1. Dapat Mengasah Keterampilan dari Hal-Hal Baru

Penggunaan media sosial memberikan banyak manfaat untuk pelajar, salah satunya dapat mengasah ketrampilan dari hal-hal baru yang dilihat dari media sosial. Bisa dibilang media sosial ini juga berfungsi sebagai metode pembelajaran karena berguna untuk mengasah keterampilan. Dengan begini maka anak bisa mengetahui cara kerja teknologi dan bagaimana cara memanfaatkannya. Meski begitu, sebagai orang tua harus tetap mengawasi sang buah hati saat menggunakan media sosial.

2. Mudah dalam Mendapatkan Informasi

Menggunakan media sosial akan memudahkan penggunanya dalam mendapatkan informasi. Informasi yang didapatkan tentang berbagai hal, mulai dari informasi tentang mata pelajaran di sekolah, kesehatan, olahraga dan masih banyak lagi.

3. Memudahkan dalam Melakukan Belajar Online

Saat masa pandemi seperti sekarang siswa sangat bergantung kepada smartphone. Bagaimana tidak, kegiatan tatap muka diganti dengan pembelajaran online. Berkat keberadaan smartphone dan media sosial kegiatan pembelajaran online bisa dilakukan dengan baik dan lancar.

Selain itu, keberadaan media sosial juga memudahkan siswa dalam melakukan belajar online. Di media sosial tersedia banyak penjelasan tentang materi pelajaran sehingga sangat membantu siswa dalam memahaminya. Saat dilakukan pembelajaran online siswa memang dituntut untuk lebih mandiri.

4. Mendorong Anak dalam Mengekspresikan Diri

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendorong anak mengekspresikan diri yaitu dengan menggunakan media sosial. Keberadaan sosial media bisa dimanfaatkan untuk memotivasi pelajar supaya lebih baik lagi dalam berkomunikasi. Orang tua bisa memperlihatkan video sesuai usia anak supaya anak banyak belajar mengenai cara bersikap dengan orang yang lebih tua, lebih mudah dan teman sebaya.

5. Anak Menjadi Malas

Dampak negatif media sosial bagi pelajar selanjutnya yaitu anak menjadi malas. Penggunaan media sosial yang berlebihan akan membuat anak menjadi malas untuk berinteraksi atau berkomunikasi di dunia nyata. Tidak hanya itu saja, anak juga akan malas belajar dan memilih menghabiskan waktunya untuk membuka media sosial. Ini dikarenakan media sosial dianggap lebih menyenangkan daripada belajar.

6. Tidak Peduli dengan Lingkungan

Penggunaan media sosial secara berlebihan akan memberikan dampak negatif seperti anak menjadi egois karena lebih mementingkan dirinya sendiri. Anak-anak akan lebih cuek dengan lingkungan sekitarnya sehingga tidak lagi peduli dengan lingkungan. Jika ini terus dibiarkan maka anak menjadi kurang memiliki rasa empati di dunia nyata.

7. Sulit Berkomunikasi

Komunikasi yang terjalin di media sosial tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa sehingga penggunanya bisa menulis apa saja yang diinginkan. Akibatnya akan membuat anak menjadi semakin sulit membedakan komunikasi di media sosial dan dunia nyata. Kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan komunikasi anak dan keterampilan menulisnya di sekolah dalam hal penggunaan ejaan dan tata bahasa.

Itulah 7 dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar. Penggunaan media sosial akan memberikan dampak positif jika digunakan dengan bijak. Sebaliknya jika digunakan secara berlebihan akan memberikan dampak negatif, terutama bagi pelajar. Oleh karena itu, gunakan media sosial sebijak mungkin.

Sumber: https://www.smadwiwarna.sch.id/dampak-positif-dan-negatif-media-sosial.

Setelah mengikuti penyuluhan dampak penggunaan medsos ini diharapkan siswa bisa menerapkan apa yang sudah disampaikan oleh Bu Merry. Intinya bijak-bijak dalam menggunakan media sosial agar hidup kita lebih baik ke depannya. Dalam sehari itu yang dianjurkan siswa dalam menggunakan HP adalah sebanyak 2 jam saja. Sementara kebanyakan orang menggunakan HP lebih dari 2 jam.

Demikianlah penyuluhan media sosial di kalangan pelajar Spenma, semoga siswa Spenma lebih bijak menggunakan HP terutama penggunaan media sosial dan lebih bersemangat dalam belajar ke depannya. Salam semangat belajarr

salam literasi

Tanjungpandan, 22 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase yang keren bu

22 May
Balas



search

New Post