Suwarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SMANDA Sosialisasi Cerdas Berliterasi di Spenma
Gambar Koleksi Sekolah

SMANDA Sosialisasi Cerdas Berliterasi di Spenma

Menulis 365 hari, hari ke-132 (1204)

Sebanyak 30 siswa SMPN 5 Tanjungpandan (Spenma) terdiri dari siswa kelas 7 dan kelas 8 mengikuti kegiatan "Cerdas Berliterasi" yang diadakan SMAN 2 Tanjungpandan (SMANDA) pada hari Senin, 15 Mei 2023. Seyogyanya acara ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023, tetapi karena ada acara pelepasan siswa kelas 9 maka acara Cerdas Berliterasi dipindah ke hari ini.

Duta literasi Smanda yaitu Gideon dan Suci mengatakan bahwa mereka terpilih menjadi duta literasi karena sudah memenuhi beberapa kriteria yaitu diantaranya membaca dan menganalisis novel, membuat artikel, presentasi tentang buku yang dibaca di depan dewan juri.

Materi yang disampaikan diantaranya yaitu apa itu literasi, tujuan berliterasi, manfaat literasi, cara berliterasi dan materi lain yang berhubungan dengan literasi.

Menurut GTK dikdas, terdapat ragam keterampilan literasi. Salah satunya literasi digital. Literasi digital dibutuhkan untuk memperoleh/menyaring informasi yang tak terbendung datangnya. Adakah tips cara cerdas berliterasi digital. “Dalam literasi digital kita harus bertahap, tidak bisa mempercayakan siswa untuk sepenuhnya memegang HP android terutama.

Literasi digital bukan sekedar memegang HP dan ada kuota tetapi bagaimana membuka link-link atau aplikasi literasi digital dibaca dan diambil intisarinya kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas-tugas siswa yang diberikan basisnya masalah, sehingga dengan membuka android mereka benar-benar berkolaborasi dengan teman-temannya untuk memecahkan masalah. Tidak pada mencari hal-hal yang lebih sifatnya pengetahuan atau konten, tapi bagaimana memecahkan masalah. Siswa akan mencari lebih mudah. Karena mencarinya lebih mudah, waktu mereka menyelesaikan tugas itu sebenarnya sangat sedikit daripada mengerjakan yang lainnya. Kalau pertanyaan ‘mengapa’, ‘berikan alasanmu’, mereka untuk menjawab itu dengan menggunakan kemajuan IT lebih lama ketimbang hanya main-main dengan HP.

Terlihat siswa Spenma sangat antusias mengikuti kegiatan cerdas berliterasi yang diadakan oleh SMANDA ini. SMANDA mengadakan kegiatan ini di 3 sekolah yaitu SMP Anugrah, SMPN 1 Badau, dan SMPN 5 Tanjungpandan. Nanti akan dilipih beberapa orang terbaik dari 3 sekolah dan akan ditentukan terbaik dari 3 sekolah tersebut.

Kegiatan cerdas berliterasi di Spenma ini akan berlangsung sampai sesudah zuhur karena mulainya tadi ada kendala teknis. Semoga siswa Spenma bisa mengambil manfaat dari kegiatan cerdas berliterasi ini. Semoga kemampuan berliterasi siswa Spenma akan lebih meningkat ke depannya.

Salam literasi

Tanjungpandan, 15 Mei 2023

Kategori : Berita
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post