Suwarni Sulaiman

Terlahir di desa Kolipetung Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur NTT. Sekarang berdomisili di Kota Kupang Propinsi NTT. berprofesi sebagai Guru. Dan m...

Selengkapnya
Navigasi Web

KULIAH DARING

#TantanganGurusiana Hari ke-36

Setelah membaca edaran Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang tentang libur dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 maka kuliah daring menjadi alternatif pilihan setelah bersepakat dengan mahasiswa Fakultas Agama Islam jurusan Tarbiyah semester 4.

Kelas daring yang sudah di bentuk Minggu lalu juga kelas-kelas daring lainnya untuk semester atas yang sudah berjalan 3 tahun sebelumnya memang sangat mengasyikkan.

Dua tahun lalu ada kegiatan MTQ tingkat propinsi NTT di Flores Timur larantuka tahun 2018 yang lalu menjadi kenangan tersendiri saat itu. Saya yang sementara bertugas menjadi Juri/Dewan Hakim pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran tersebut tak perlu repot-repot tinggalkan tugas kepada mahasiswa maupun peserta didik yang ada di sekolah karena ada kelas online yang sangat membantu kita ketika sedang tugas dan meninggalkan sekolah dan kampus. maka belajar daring menjadi pilihan yang paling tepat.

Banyak aplikasi atau fitur-fitur yang menawarkan belajar daring seperti google classroom, google form, google suites, kaizala, webex, rumah belajar dan masih banyak lagi fitur-fitur yang lainnya yang tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Kembali pada belajar daring dengan mahasiswa Tarbiyah semester 4 Universitas Muhammadiyah Kupang. Fitur Google classroom menjadi pilihan saya karena sudah familiar yang saya pakai selama ini.

Peserta didik maupun mahasiwa yang ingin masuk kelas ketika sudah unduh aplikasi google classroom dan menulis kode kelas yang telah kita bagikan secara otomatis sudah gabung di kelas.

Mahasiswapun antusias masuk kelas dan saling menyapa dalam kelas. Kemudian tugas selanjutnya saya menyampaikan materi dalam kelas itu dengan cara memposting materi yang sudah saya siapkan sebelumnya pada aplikasi Microsoft Word kemudian input masuk dalam aplikasi google clasroom untuk di baca dan di pelajari setelah itu masing-masing dari mereka bertanya tentang hal.-hal yang belum di pahami dalam materi itu.

Semuanya antusias dalam pembelajaran itu. Terlihat keaktifan mereka dalam memberikan pertanyaan dan interaksi dalam kelas itu menjadi hidup.

Kegiatan kuliah daring itupun berakhir dengan pemberian tugas kepada mereka untuk masuk kuliah Minggu depan.

Kupang, 21 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post