syahrizal syahrizal

aku seorang pengawas SD yang baru lahir. Aku ingin belajar menulis. Aku juga berasal dari guru. Syahrizal adalah nama yang diberi orangtua ku ketika lahir di bu...

Selengkapnya
Navigasi Web
KU MULAI MENGGELUTI KESUNGGUHAN KU DI KEPENGAWASAN

KU MULAI MENGGELUTI KESUNGGUHAN KU DI KEPENGAWASAN

Sesuai SK baru yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan. Syahrizal, S.Pd, M.Pd tertera melaksanakan amanah di Kecamatan Teluk Sebong.

SDN 003 Teluk Sebong adalah sekolah Inti dari sekian banyak sekolah yang terletak di kawasan Kecamatan Teluk Sebong. Bu Norita,S.Pd adalah kepala sekolah wanita kecil dan lincah. Sangat tepat sekali beliau menjabat ketua KKG Gugus II.

SDN 003 Teluk Sebong terdiri dari kelas 12 dengan 12 guru wali kelas, 1 orang guru PJOK dan 1 orang guru Agama Islam. 400 siswa tersebar mulai dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 dan 12 rombongan belajar.

SDN 003 terletak dipinggir jalan raya lintas kabupaten, tempat lalu lalang kenderaan baik sepeda motor maupun kenderaan roda empat. Pagar sekeliling sekolah membatasi jalan raya dengan sekolah untuk menjaga keamanan siswa dan sekolah tersebut.

Rasa lelah yang baru saja selesai bersama siswa membersihkan kelas masing-masing. Guru mengikuti arahan Bu Norita selaku kepala Sekolah SDN 003 Teluk Sebong semua guru bekumpul di ruang rapat.

Assalamualaikum kata sambutan dari Ibu Kepala sekolah bertanda acara dimulai. Ucapan selamat datang atas kunjungan pengawas Pembina.

Alhamdulillah, bahagia rasanya ketika nama saya diperkenalkan sebagai pengawas pembina baru di sekolah ini dan akan selalu bertemu muka dan bersilaturrahim dengan bapak ibu guru semua.

Kedengan tidak memperpanjang mukaddimah Ibu Kepala sekolah memberikan waktu dan kesempatan kepada saya untuk pertama kalinya bersosialisasi dalam rangka memberi araahan dan bimbingan atau pun pencerahaan kepada rekan-rekan guru.

Mengawali kata dengan mengucapkan salam selamat yakni assalamualaikum warah matullahi wabarakatuh serta sholawat kepada Rasulullah SAW.

Sebagai mana biasa orang baru, sy meminta izin untuk memperkenalkan diri walaupun sebagian besar secara pribadi sudah kenal.

Yang paling penting yang harus sy sampaikan adalah perkenalan akan program pengawas yang sy sudah rancang sebelumnya.

Terkait itu saya perlu mengulas sedikit tentang parner kerja antar pengawas, kepala sekolah dan guru. Ada keterkaitan antara Tugas pokok dan fungsi pengawas, kepala sekolah dan guru.

Program pengawas akan berjalan lancar didukung oleh tugas dan fungsi kepala sekolah terlaksana dengan baik. Tugas dan fungsi kepala sekolah akan berjalan baik jika dibimbing dan dibina oleh program kepengawasan yang tepat.

Tugas pokok dan fungsi guru sebagai barisan terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa akan tertata dengan baik jika dibimbing oleh kepala sekolah yang bekerja sesuai program. Dan program kepala sekolah terwujud dengan adanya kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan pengawas.

Kerja sukses dilandasi oleh kerja ikhlas, kerja keras dan kerja cerdas serta kerja tuntas.

Kerja Ikhlas merupakan salah satu kunci sukses dalam melakukan sebuah pekerjaan, dengan didasari niat ikhlas untuk mencari ridho Allah, maka kita akan melakukan pekerjaan sepenuh hati, bukan setengah hati, tetapi bekerja dengan sungguh-sungguh. Pekerjaan akan terasa menjadi ringan, manakala dilandasi dengan niat ikhlas dalam melakukan pekerjaan.

Kerja Keras, merupakan kerja yang dilakukan sepenuh hati, kerja yang muncul dari motivasi dalam diri sendiri, sehingga pekerjaan selesai tepat pada waktunya, tanpa menunda pekrjaan untuk besok hari, sepnjang masih dikerjakan pada saat ini.

Kerja cerdas merupakan bagaimana melakukan pekerjaan dengan mudah dan selesai tepat waktu, maka kita sebagai guru harus meningkatkan kemampuan atau skill seperti sebagai seorang guru harus mampu menguasai teknologi informasi atau penguasaan computer, seperti membuat sebuah perencanaan pembelajaran (membuat Prota, Promes, KKM, Kalender pembelajaran, silbus, penilaian serta pengolah hasil belajar siswa), manakala terjadi kesalahan dalam menulis, maka direvisi atau diperbaiki pada bagian yang salah saja, tanpa mengulang semuanya. Manakala kita mampu mengoperasikan computer atau Laptop, maka kerja yang kita lakukan tidak berjalan secara efektif dan efisien.

Kerja Tuntas, merupakan pekerjaan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Lumayan juga waktu yang diberikan kepada saya untuk memaparkan secara efektif dan efisien.

Bapak dan ibu gurukelihatan sangat antusias dengan semangat baru.

Merasa mendapat pencerahan, bersinergis, saling kerja sama, saling bantu, saling berbagi ilmu dan pengalaman antar kepala sekolah dan pengawas untuk satu tujuan mencerdasakan anak bangsa akan dapat terwujud dari waktu ke waktu.

Sebagaimana yang dicita-citakan bapak Bupati Bintan yakni Bintan gemilang, maju dan bermutunya pendidikan terutama pendidikan dasar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maaf, Pak Syahrizal. Kata ganti ku- dan kau- ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya, sedangkan -ku, -mu, dan -nya ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. Karena itu penulisan judul perlu diperbaiki. Selamat berkarya. Salam literasi.

06 Feb
Balas

Pengawas itu penuh gaya dan mneyenangkan. Kuncinya sering-seringlah berkunjung ke sekolah binaan.Jadilah pengawas yang dirindu dan ditunggu.

07 Feb
Balas



search

New Post