Syaiful Arifin

H.Syaiful Arifin d.S.Ag.M.Pd lahir Koto Baru Tanah Datar 10 Oktober 1971 Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kota Padang Panjang , m...

Selengkapnya
Navigasi Web
      Perempuan Minang Tagur 520

Perempuan Minang Tagur 520

Syaifularifin.id.kppl.kotapadangpanjang..perempuan /wanita pasangan hidup lelaki. Di Minangkabau perempuan di sebut " limpapeh rumah gadang. Artinya perempuan menjadi tiang rumah gadang. Sebagai tiang utama perempuan Minang memiliki peran strategis. Peran itu antara lain, menjadi penerus generasi Minangkabau. Jika tidak ada perempuan di rumah gadang maka berhentilah gergasi Minang dalam sebuah suku.

Adalah sebuah Kemalang jika tidak ada keturunan perempuan dalam sebuah keluarga. Yang terpikir adalah bayang bayang suram. Karena terhentinya keturunan. Akibatnya tidak ada penerus untuk menjadi pemimpin kaum. Dalam istilah orang Minang gelar Pusako ya akan balipek.gelar itu hanya tinggal sejarah.

Perempuan Minang disebut juga induak Bareh.  Dengan kata lain perempuan akan menjadi meneger dalam keluarga. Menjadi pemimpin rumah tangga. Perempuanlah yang mengatur ritme organisasi keluarga. Sukses tidaknya seorang suami juga tergantung kepiawaian  seorang wanita dibelakangnya. 

Perempuan Minang di sebut juga induak Bareh. Ia adalah seorang pendidik. Guru terbaik bagi anak anaknya. Ialah yang mempersiapkan anaknya menjadi wanita Sholeh. Mengajar anaknya dengan lemah lembut. Sehingga tumbuh menjadi wanita yang berkarakter. Induak Bareh adalah figur tauladan anak gadisnya.

Perempuan Minang adalah perempuan tegar. Ia bisa tegas jadi pemimpin ketika tidak ada pemimpin di kaumnya. Maka ia disebut juga Bundo kandung kanduang. Perempuan Minang juga seorang refermis. Fakta menulis dalam sejarah ada pahlawan wanita seperti Rohana Kudus, Rahmah Elyunusiah sang pencetus sekolah khusus wanita.

Pandai Sikek, 11 September 2021

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post