Syaiful Rizal

Kepala Sekolah di SMPN 5 Pamekasan Jawa Timur. Seorang Trainer Olimpiade Matematika Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Trainer TOT Olimpiade Matematika...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hikmah

Oleh: Syaiful Rizal

Seringkali kita berkeluh kesah dan menyalahkan keadaan, saat kemalangan menyapa. "Ah, andaikata aku tidak menjalani ini namun tetap istikamah pada jalur semula, semuanya pasti baik-baik saja."

"Andai saya tak terpengaruh dengan janji-janji muluknya, pasti takkan seperti ini akibatnya."

Kalimat penyesalan seperti contoh di atas, seringkali menjadi konsumsi sehari-hari. Kadang kita mendengarnya dari orang lain dan dalam kesempatan berbeda kita pun kadang menjadi pelakunya.

Menyesali sesuatu hal yang sudah terjadi boleh-boleh saja, namun hal itu hanya sebagai bahan untuk mengoreksi diri. Namun demikian, kita tidak boleh melakukan penyesalan berkepanjangan. Cukuplah segala sesuatu yang telah terjadi, kita ambil hikmahnya sehingga dari kegagalan tersebut kita bisa mendapat ibrah (pelajaran). Mengambil ibrah dari setiap kejadian, merupakan poin penting yang harus kita lakukan.

Setiap musibah dan kebaikan yang menimpa kita pasti merupakan paket komplit dengan segenap hikmah yang menyertainya. Tinggal memanfaatkan setiap hikmah yang tersaji agar kita bisa "naik kelas" di hadapan Allah SWT.

PojokanKampungMorlèkè

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak kepsek. Salam literasi

26 Dec
Balas

Sepakat, Ustadz. Kadang kita nyeselnya berkepanjangan. Hingga yang lain ikut ambyar. Salam sukses.

28 Dec
Balas



search

New Post