Syaputra Irwan

Guru Kimia ingin menjadi penulis......

Selengkapnya
Navigasi Web
ARCE in Pharmacy Classroom

ARCE in Pharmacy Classroom

ARCE in Pharmacy Classroom

Hari yang hebat bersama siswa farmasi SMK Plus Bina Nusantara Mandiri (BNM). Kami belajar dibantu dengan Smartphone / Tablet berbasis Android. Pembelajaran hari ini saya beri nama, Augmented Reality in Chemistry Education in Pharmacy Classroom.

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Saya menggunakan aplikasi Element 4D yang bisa di instal secara gratis melalui playstore. Dari aplikasi ini saya membuat kubus yang polanya sudah disediakan. Tinggal unduh, cetak kemudian gunting dan lem membentuk sebuah kubus dengan enam buah sisi yang menampilkan lambang unsur-unsur kimia.

Sebelumnya ada kekhawatiran bagi saya, perihal penggunaan HP/smartphone dalam pembelajaran. Aturan disekolah yang melarang siswa membawa HP membuat sebagian siswa khawatir. Bahkan ada orang tua yang khawatir dan langsung menelpon saya memastikan bahwa siswa diperbolehkan untuk menggunakan HP dalam pembelajaran. Saya menyadari bahwa sebagian orang tua memang belum paham jika HP bisa digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Jangankan orang tua, gurupun masih ada yang belum bisa memanfaatkan HP dalam pembelajaran

Harus diakui penggunaan HP, dalam Pembelajaran tentu ada sisi negatifnya, namun saya berusaha untuk memberikam edukasi kepada siswa perihal penggunaan HP. Dan saya berharap cara yang saya tempuh memberikan pelajaran bagi saya dalam pengembangan pembelajaran berbasis ICT.

Hari ini merupakan hari yang hebat bersama siswa saya, meski masih banyak yang mesti saya perbaiki. Diantaranya, ternyata aplikasin Element 4D ino berjalan cepat di HP Asus, agak lambat di HP samsung, dan paling lambat pada HP lenovo. Mungkin bapak ibu atau teman-teman guru perlu menyiapkan hardware (HP) dengan spesifikasi yang memadai.

Aplikasi ini berjalan dengan terhubung dengan jaringan internet. Berhubung karena jaringan WIFI sekolah tidak menjangkau ruang kelas, maka saya mesti berbagi hotspot WIFI, dan beruntung jaringan internet saya 4G sehingga lebih pembelajaran berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Saya berterima kasih dengan siswa saya yang kooperatif, dan antusias dalam pembelajaran kali ini. Meski ada beberapa kekurangan dari saya pribadi. Sebagai bonus terhadap kerjasama mereka, kami mengadakan sesi foto bersama.

Terima kasih kepada kelas farmasi, kita adalah tim yang hebat, bersama kita wujudkan SMK Bisa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post