Syaputra Irwan

Guru Kimia ingin menjadi penulis......

Selengkapnya
Navigasi Web
Dear #Bidadarikedelapan

Dear #Bidadarikedelapan

Dear #Bidadarikedelapan

Andai Gramedia itu adalah rumah kita..

Huaaaaa.... saya senang sekali, tinggal sediakan minuman dan cemilan. Terus sebuah dipan lebar buar rebahan. 😅😅

Gramedia adalah salah satu tempat pelesiran bagi saya, baik dulu kala masih putih abu-abu, semuanya sudah abu-abu semua karena sudah tak jelas lagi makai apa. Gramedia adalah tempat rekreasi nomor satu.

Ya.. dulu bagi siswa dan mahasiswa miskin seperti saya buku itu barang mewah. Bahkan untuk beli buku saja itu sudah terlalu mewah. Paling dulu baca ditempat, itupun kalau sudah ada yang terbuka plastiknya. Bagi yang masih tersegel rapi, pantang bagi saya untuk membukanya.

Karena yang buku yang masih tersegel rapi memiliki aroma yang khas. Aroma kayu yang nikmat. Ada aroma manis-manisnya gitu. He..he..he..😂

Tapi benar, sebuah buku baru memiliki aroma tersendiri, aroma kayu muncul karena memang kertas dibuat dari bubur kayu atau yang dikenal dengan pulp. Penambahan beberapa senyawa kimia untuk meningkatkan kualitas kertas seperti Hidrogen Peroksida, alkil ketena dimers dan vinil asetilen asetat menambah citarasa kertas.

Maka bagi penikmat buku, bukan hanya isi atau cerita buku itu saja yang dicari, tapi juga aroma dari perpaduan senyawa tersebut yang kemudian terasa ada manis-manisnya gitu..

Apakah buku baru saja yang ada manis-manisnya?

Ya iya... kalau buku lama, meski rasa manisnya sudah memudar namun aromanya cukup memikat.

Seiring perjalanan waktu, perubahan kondisi lingkungan membuat buku juga berubah, dalam ilmu kimia selulosa dalam kertas akan mengalami reaksi oksidasi dan reduksi. Ya.. bisa saja menghasilakan toluena, vanilina, etil benzena, benzal dehida, furfural, 2 etil alkohol.

Vaniline, memberikan aroma seperti vanila, tahukan dengam vanila, yang biasa digunakan untuk masakan terutama untuk membuat kue. Ah saya rasa mak-mak se Indonesia tahu, bahkan mak-mak sedunia juga sudah mahfum. Tidak saja mak-mak, anak-anak juga tahu kok dengan vanila..

Benzaldehide dan furfural memberikan aroma kacang almond. Saya sih belum pernah makan kacang almond secara langsung. Namun coklat silverqeen yang saya beli tempo hari ada kok campuran kacang almondnya. Tahukan bagaimana rasanya kacang almond? Enak lo..

2-etil heksanol memberikan selayang aroma bunga segar. Coba saja cium aroma bunga yang sedang mekar pasti ada aroma segarnya. Terlebih ketika dicium ketika embun belum beranjak dari pucuk-pucuk tunas muda. Tapi hati-hati ya kalau mencium bunga, pastikan tak ada kumbang atau lebah, sengat sedikit saja bisa membuat saya meringis menangis..😅

Toluena dan etil benzena, dua senyawa ini memberikan aroma manis. Maka tak heran diawal saya nyatakan bahwa penikmat buku itu menyukai buku karena ada rasa manis-manisnya gitu..

Duhai #Bidadarikedelapan.

Andaikan Gramedia ini adalah rumah kita. Wah saya girang tak terkira. Mau lah lompat-lompat sambil teriak sana-sini..

Tapi eiit.. kok pipi saya terasa dingin dan basah ya..? Eh.. kok gelap.. mati lampu ya... eh terang lagi, lho kok ada wajah #Bidadarikedelapan menantap sambil senhum. Tengok ruangan kok dindingnya putih saja? Mana deretan bukunya?

"Ayo bangun, kita sudah kesiangan, nanti terlambat"

Oollaaa....😱😰😰

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post