Syaputra Irwan

Guru Kimia ingin menjadi penulis......

Selengkapnya
Navigasi Web
RPP Merdeka ala guru Kimia Sumbar

RPP Merdeka ala guru Kimia Sumbar

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 14 tahun 2019, tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah membawa angin segar dalam dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah.

Surat edaran ini menjadi landasan hukum bagi guru untuk lebih merdeka dalam mengajar. Tak perlu lagi ribet dalam menyusun administrasi. Tak perlu lagi cetak RPP ratusan halaman, tak perlu lagi ada usaha jasa pembuatan RPP (ups..)

Trus bagaimana format RPP yang baku? Tidak ada. Guru dibebaskan untuk memilih dan mengembangkan format RPP. Akan tetapi guru mesti mencantumkan 3 komponen inti. Tujuan Pembelajaran, kegiatan Pembelajaran dan Assesmen.

Apakah format RPP yang sudah dibuat melalui beragam pelatihan atau workshop tidak berlaku lagi..? Oh tenang saja format yang sudah ada tetap bisa digunakan. Akantetapi tidak menjadi suatu keharusan seperti yang sudah terjadi selama ini.

Surat edaran ini memnuka diskusi dalam berbagai grup yang sayanikuti. Salah satunya adalah grup MGMP kimia Sumbar. Salah satu anggota grup kemudian posting RPp yang sudah dibuatnya bertahun-tahun yang lalu. Jauh sebelum aturan RPp yang ribet muncul. Dan ternyata RPP model lama itu sangat sederhana.

Artinya surat edaran menteri ini bukanlah suatu yang baru hanya saja ikembalikan kepada format lama.

Jadi kalau mau bikin RPP Satu Lembar, ada baiknya belajar kembali kepada guru senior

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terobosan yang menarik. Namun jangan dilupakan bahwa setiap guru harus menyiapkan segala perangkat pendukung pembelajaran. Salam kenal, sehat dan sukses selalu Mas.

17 Dec
Balas

Siap pak.. Salam kenal juga, mohon arahan dan bimbingan nya pak...

18 Dec

Owh, begitu yah. Saya nih guru jadul, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

17 Dec
Balas

Guru jadul sangat dibutuhkan, karna kaya dengan pengalaman. Barakilllah semoga ibu berkenan memberikan arahan dan bimbingan..

18 Dec



search

New Post