Syaputra Irwan

Guru Kimia ingin menjadi penulis......

Selengkapnya
Navigasi Web
Spectacular Chemical Experiments

Spectacular Chemical Experiments

Judul : Spectacular Chemical Experiments

Penulis : Herbert W. Roesky

Penerbit : Wiley-VCH

Tahun Terbit : 2007

Dimensi : xiv+ 224, Hard Cover, 24.5 cm x 19.5 cm

ISBN : 978-3-527-31865-0

Bahasa : English

Spectacular Chemical Experiment berisi 86 percobaan kimia yang dikelompokkan dalam empat bagian. Percobaan-percobaan ini dirancang untuk bisa di demonstrasikan atau dilakukan oleh kelompok kecil. Buku ini sepertinya ditujukan kepada para guru kimia, mahasiswa kimia atau setidaknya orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam ilmu kimia yang menguasai ilmu dasar kimia.

Setiap percobaan diawali dengan pengantar berupa kutipan cerita, puisi, sejarah, atau kutipan kata-kata beberapa ilmuwan. Disajikan dengan urutan yang mudah dibaca, Alat dan Bahan, Keselamatan Kerja, Urutan Prosedur Kerja, Persamaan Reaksi, Pembahasan serta Daftar Pustaka. Beberapa Percobaan juga dilampirkan dengan foto hasil-hasil percobaan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami buku ini.

Salah satu kehebatan penulis buku ini adalah penulisan judul buku yang menarik, Spectacular Chemical Experiment. Tidak hanya itu saja, beberapa judul percobaan juga menarik perhatian seperti Fire under water (Api didalam air), Magic Egg (Telur Ajaib), Saturn’s Ring (Cincin Saturnus) Underwater Dance (Tarian didalam Air). Bukan hanya judulnya saja yang menarik perhatian, hasil percobaan ini juga sangat mempesona, berupa warna-warni serta hasil lain yang menakjubkan

Akan tetapi beberapa judul percobaan terkesan aneh bahkan menimbulkan salah pengertian seperti Icarus dan the Sun (Icarus dan Matahari). Saya mengira bahwa penulis terinspirasi dari mitologi Yunani, seperti yang dituliskan pada pengantar percobaan ini. Beberapa percobaan memerlukan perlakuan khusus karena sifat dan kharakteristik bahan yang digunakan serta hasil percobaan. Perlakuan khusus ini misalnya harus dilakukan di ruang asam berventilasi.

Kesimpulannya, buku ini direkomendasikan untuk akademisi kimia seperti guru, dosen, teknisi laboratorium kimia yang memiliki fasilitas laboratorium standar yang lengkap. Ide-ide percobaan yang ditawarkan dalam buku ini menarik perhatian karena ditulis dengan Bahasa yang ‘menarik’ dengan hasil yang tentu menarik pula. Namun dengan perkembangan internet sekarang ini, saya rasa banyak ide-ide yang lebih spektakuler yang bisa dilakukan dan dikembangkan untuk tema yang sama terutama untuk para guru pemula.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post