Syarah Aisha

Nama : Syarah Aisha, S.Pd,M.A Profesi : Guru Instansi : SMAS NuR Azizi Tanjung Morawa Fb : Syarah Aisha Instagram : syarah_aisha Blog : Syarah Aisha...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kuota Kebutuhan Pokok Selama Pandemi

Kuota Kebutuhan Pokok Selama Pandemi

Tahun ajaran baru disekolah saat ini sangat beda dari tahun sebelumnya. Seluruh siswa baik siswa lama maupun yang baru mendapatkan pembelajaran melalui jejaring (daring). Dalam proses pembelajaran daring, hal yang dibutuhkan adalah jaringan internet. Para guru membuat video pembelajaran yang menarik dan inovasi untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Guru mengecek kehadiran maupun pemberian kuis dilakukan secara online. Materi pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk YouTube, PowerPoint, Microsoft word, Microsoft excel dan lainnya

Sedangkan siswa mendapatkan materi tersebut setelah membuka video untuk materi yang diberikan setiap pertemuan. Siswa diharapkan mampu memahami materi yang diberikan. Siswa pun menanyakan kendala yang didapat dan menjawab soal atau kuis-kuis dalam setiap materi secara online.

Para orang tua juga melakukan komunikasi dengan guru secara online. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui perkembangan anak-anak mereka dalam proses pelajaran. Orang tua juga memerlukan banyak kuota terutama untuk sekolah PAUD, TK maupun SD. Sebab, dalam proses pembelajaran para guru menyampaikan semua materi dalam bentuk video. Hal itu dikarenakan para siswa usia dini lebih paham, senang dan bersemangat belajar dengan cara melihat atau menonton sesuatu.

Tuntutan dunia pendidikan yang sudah berada di era 4.0. Menuntut para guru melakukan pembelajaran secara secara jejaring dengan perkembangan teknologi. Dimasa pandemi covid 19 ini para guru terus belajar dan menguprade diri dengan pembuatan video pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Dengan video pembelajaran tersebut, para guru membutuhkan kuota internet yang besar untuk dapat mengupload video yang telah dibuat. Para siswa dan orang tua membutuhkan kuota internet yang besar juga untuk mendownload materi yang diberikan agar dapat dilihat atau ditonton.

Kuota saat ini merupakan kebutuhan pokok bagi guru, murid dan orang tua. Sebab, tanpa kuota internet seluruh kegiatan dalam proses pembelajaran secara jejaring (daring) akan terhambat. Banyak para siswa juga yang berjualan dan bekerja agar bisa membeli paket internet. Orang tua mereka harus tetap menyiapkan uang sekolah yang akan dibayar setiap bulannya. Bahkan banyak orang tua yang harus membeli HP sebagai alat yang sangat sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring. Para siswa merasa kasihan dengan orang tuanya karena pengeluaran begitu besar selama pandemi covid 19 ini.

#Tantangangurusiana

#Tantangangurusianaharike28

Tanjung Morawa, 29 Juli 2029

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post