Syarif Firdaus

Saya seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
GAME ONLINE, KAWAN ATAU LAWAN?

GAME ONLINE, KAWAN ATAU LAWAN?

Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Selain komputer akibat pesatnya perkembangan teknologi game online juga bisa dinikmati dengan menggunakan handphone/android/gadget.

Game online ternyata sudah ada sejak tahun 1969, tujuan awalnya adalah pendidikan. Di Indonesia sekarang ini game online sudah merambah ke semua kalangan. Bagai candu beragam game online menghipnotis banyak pemainnya yang ada di Indonesia.

Adakah dampak positif dari permainan daring ini?

Tentu saja ada. Bahkan saat ini sudah ada kompetisi rutin yang melibatkan gamers dari banyak negara. Mereka menyebut gelanggang ini dengan e sport competition. Hadiah yang diperebutkan pun sangat luar biasa besarnya.

Lalu adakah dampak negatif dari menjamurnya game online?

Salah satu dampak yang nyata adalah turunnya minat belajar peserta didik. Pemicunya adalah sebagian besar penikmat game online yang berstatus sebagai pelajar lupa waktu belajar. Bahkan diantara mereka rela menghabiskan waktu hingga larut malam dan akibatnya mengantuk keesokan harinya.

Bagaimana pun kita tak akan mampu membendung arus perkembangan teknologi. Oleh sebab itu sebaiknya kita berkompromi dengan situasi ini dengan membuat komitmen terbukan dengan anak-anak kita. Misalnya silakan kamu bermain game online namun prestasi belajarmu tidak boleh terganggu. Bila nanti prestasi dan gairah belajar kalian rusak, maka kami orangtua/guru akan memberikan sanksi berat termasuk dengan tidak mengizinkan kalian untuk kembali mengakses permainan daring lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Iya pak sangat setuju. Larangan keras terhadap anak atau peserta didik bukannya soluasi. Baiknya time manajemen buat siswa. Time manajemen dari para orangtua dan guru. Membuat siswa tahu ditahunya apa manfaat games online buat mereka. Sangat inspiratif. Sehat, bahagia dan sukses selalu buat pak Syarif Firdaus

31 Mar
Balas

Terima kasih atas apresiasinya Pak. Sukses juga untuk Pak Mulya

01 Apr

Terima kasih atas apresiasinya Pak. Sukses juga untuk Pak Mulya

01 Apr



search

New Post