Syeha Ramadan

SYEHA RAMADAN, Guru MTsN 5 Jombang. Loyalitas, tekad dan dedikasi terhadap amanah yang penuh tanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi tujuan sebaga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Google Form sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Pemanfaatan Google Form sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Pendidikan 4.0 adalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak dalam pembelajaran. Google Form atau yang disebut google formulir adalah salah satu aplikasi yang mendukung pendidikan 4.0. Google Form adalah aplikasi yang bisa berguna untuk membantu dalam proses pengumpulan hasil survey, kuis, penilaian, dan informasi yang mudah dengan cara yang cepat dan efisien. Aplikasi ini merupakan satu bagian dari aplikasi google drive yang mampu dimanfaatkan sebagai alat untuk pengumpulan data secara efisien tanpa menghabiskan waktu, terutama dalam pelaksanaan evaluasi belajar siswa bagi para pendidik dalam pembelajaran. Aplikasi ini secara otomatis menghitung score dan analisa secara akurat sesuai dengan data yang masuk.

Evaluasi belajar yang selama ini menggunakan based paper, maka dengan penggunaan google form akan mengurangi penggunan kertas yang berlebihan. Tak lagi menghabiskan banyak uang untuk menggandakan lembar soal. Juga tak lagi menghabiskan waktu untuk mengoreksi dan menganalisis hasil evaluasi hasil belajar siswa. Guru diberikan keringanan dalam proses pembuatan soal sampai dengan menganalisis hasil evaluasi dengan mudah dan cepat.

Dari segi siswa, Google Form merupakan cara mudah dan efisien waktu dalam mengerjakan soal penilaian harian (PH), penilaian semester (PAS), dan penilaian akhir tahun (PAT). Mereka tak lagi membaca lembar soal foto copy-an yang terkadang buram tak jelas tulisan dan gambarnya, sehingga mengganggu penglihatan siswa dalam membaca soal. Mereka juga tak lagi sibuk menghitamkan bulatan jawaban pada lembar jawaban dengan pensil 2B yang terkadang kurang hitam dan bahkan melebihi batas bulatan, sehingga jika di scan tak bisa terbaca oleh mesin scanner.

Dengan Google Form, permasalahan yang sering terjadi pada dunia pembelajaran akan teratasi, sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaannya. Mereka antusias sekali karena disaat menghadapi laptop maupun HP dengan aplikasi Google Form, maka yang ada dalam benak mereka adalah kesenangan dan tak terasa jika mereka sedang mengerjakan puluhan soal. Dengan rileks mereka mengoperasikan laptop dan HP, padahal otak mereka diperas dalam berfikir mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Kapanpun dan dimanapun mereka bisa mengerjakan selama batas waktu yang diberikan oleh guru masih ada. Dan mereka bisa mereview jawaban yang telah dikerjakan jika sang guru sudah memberikan ijin untuk membukanya.

Sehingga pemanfaatan Google Form pada pembelajaran terutama evaluasi hasil belajar siswa dirasa penting dalam mendukung revolusi pendidikan 4.0.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post