Syelvi Herlinda

Menulis adalah cara menyampaikan kata tanpa perlu mengolah lisan. Karena menulis dapat ungkapkan rasa, lebih tertata dan bermakna dibanding lisan yang tak terja...

Selengkapnya
Navigasi Web

H4 Tatap Muka, Antara Ketuntasan dengan Ketertinggalan

Di hari keempat belajar tatap muka, ada begitu banyak perbedaan dan perubahan yang terlihat di kelas 1. Kelas yang di awal sekolah terasa hening, mulai ramai dengan celoteh mereka anak didikku. Mereka mulai berani untuk unjuk suara dan unjuk diri.

Ada rasa geli mendengar mereka berbicara. Khas kanak-kanak yang polos dengan perasaan mereka masing-masing. Namun dibalik itu, tertumpuk juga kegelisahan di hati.

Selama belajar daring, saya merasa dalam zona aman perihal tulisan anak. Buktinya, buku latihan mereka dipenuhi dengan tulisan yang lumayan rapi. Namun baru empat hari tatap muka, saya melihat perbedaan tentang hal itu. Sebagian besar dari mereka ternyata masih perlu bimbingan menulis rapi dan indah secara mandiri. Beberapa anak tampak lambat dalam menulis.

Saya merasa ini sebagai beban di awal semester genap. Seharusnya hal ini sudah tuntas di semester ganjil. Akibat belajar daring, guru kelas 1 rupanya keteteran. Saya merasa terjebak dengan "ketuntasan" tugas anak-anak di semester 1. Saya mesti mengejar ketertinggalan ini. Walaupun membutuhkan usaha dan perjuangan, semoga mereka bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan dan syarat kenaikan kelas.

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post