Syofni Erita

Syofni Erita Mendidik anak bangsa di SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi Sumbar Sebelumnya pernah mengajar di SD N Kubu Ateh, SD N Panganak, SD N Tengah Sawah, SDN...

Selengkapnya
Navigasi Web
Doyan Kolak( Lokal Pelangi)
Kolak pelangi

Doyan Kolak( Lokal Pelangi)

Kolak Pelangi

Bukittinggi, 3 Ramadan 1440 H/08 Mei 2019

Wah, ceritaku masih seputar kolak, kolak sore ini tidak seperti biasanya, kali ini aku buat kolak pelangi. Bahannya kolang kaliing/ buah tap 8 buah, delima kering 2 sendok makan, nitrijel tanpa rasa setengah bungkus, gula pasir 5 sendok makan, garam sedikit, fanili sedikit, kelapa putih setengah potong, selasih setengah sendok teh, gula aren 1 ons.

Cara membuatnya

1. Kolang kaling direbus dengan gula aren diberi air sedikit biarkan sampai kering.

2. Rebus delima sampai matang lalu tiriskan dan disiram dengan air dingin

3. Buat setengah bungkus nutrijeel dengan air setengah gelas dan gula pasir 2 sendok makan kemudian dinginkan.

4. Kelapa diperas akhirnya menghasilkan 3 gelas, lalu diberi gula pasir putih 3 sendok makan, ditambahkan famili kemudian dimasak sampai mendidih lalu dinginkan.

Nutrijel, kolang kaling dipotong kecil. Nitrihel, komang kalung, delima dimasukkan ke dalam santan yang telah dingin.

Kolak pelangi siap disantap. Selamat berbuka puasa.

Kalau dilihat cara kerjanya, tentu ada yang bilang, ah, ribet. Biar ribet hasil kerja sendiri, maknyuuuus.

Kalau ingin diberi batu mantap juga rasanya. Eh, salah batu es/ es batu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post