Tabrani Yunis

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Menanti Tanggapan Anda

Oleh Tabrani Yunis

Seorang penulis akan sangat senang apabila tulisan yang dipublikasinya di media itu dibaca oleh banyak orang. Karena tulisan yang dibaca oleh banyak orang itu mengindikasikan sebagai tulisan yang menarik, atau penting dibaca. Juga bisa karena tulisan tersebut dianggap bermanfaat, aktual, serta bisa dijadikan sebagai referensi. Apalagi, kalau tulisan tersebut mendapat tanggapan dan penilaian dari para pembaca. Oleh sebab itu dalam setiap portal atau website yang dikelola orang atau organisasi, maupun instansi pemerintah, selalu menyediakan ruang untuk komentar. lebih - lebih lagi kalau tulisan yang kita buat itu, diranggapi dalam bentuk tulisan balasan. Ini jelas sangat menyenangkan bagi seorang penulis. Artinya, tulisannya sudah dibaca, dicerna dan bahkan dianalisis serta diwujudkan dalam sebuah tulisan.

Sebaliknya, bila tulisan yang sudah dipublikasikan tersebut tidak mendapat komentar, penilaian atau ulasan dari pembaca, rasa tulisan itu hambar, tidak menarik dan bisa jadi tidak dibaca oleh orang-orang yang kita harapkan mau memberikan komentar. Bisa jadi, sebenarnya dalam tulisan tersebut ada hal-hal yang kontroversial dan membuat kita terpancing emosi, namun sering tidak mendapat balaan dalam bentuk komentar dan sebagainya.

Barangkali kondisi seperti ini bisa kita lihat juga di dalam portal Gurusiana ini. Berapa banyak oarang yang mau memberikan komentar terhadap tulisan-tulisan para guru yang diposting setiap hari. Bisa jadi sangat jarang.Kalau pun ada hanya satu atau dua orang yang mau bekomentar. Apakah memang sangat sulit untuk memberikan komentar terhadap tulisan orang, atau memang tidak ada waktu untuk membaca tulisan-tulisan yang sudah dipublikasikan itu?

Sebenarnya, kegiatan memberikan komentar dan tanggapakan terhadap tulisan-tulisan yang dimuat di Gurusiana.com ini sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah bermanfaat untuk memotivasi penulis-penulis lain mau menulis. manffat lain, menganggapi tulisan orang lain tersebut meruoakan tindakan untuk melatih kemampuan kita dalam berekspresi dan sebagainya. ya, tentu saj masih banyak manfaat yang bisa dipetik. Oleh sebab itu jangan hanya dilihat judul, lalu lewat, tetapi nikmati isi tulusan dan kalau ada yang mengganjal, maka tulisla lagi tanggapannya dalam bentuk tulisan. mari kita biasakan diri peduli dan memberikan krotik dan saran, kapan saja dan dimana saja

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pak Tabrani, terima kasih sudah berkenan berbagi. Saran yang mantap.

29 Sep
Balas

Terima kasih pak Leck Murman. Kita akan lebih hidup kalau bisa saling berbagi dalam bentuk mengkritisi apa yang sudah ditulis teman. Bisa juga lebih produktif menulis tulisan lain setelah membaca tulisan teman, ya kan pak?

29 Sep

Betul sekali, memang tanggapan sangat diperlukan. Apalagi penulis pemula seperti saya. Masukan atas tulisan yang diposting akan sangat membantu demi perbaikan tulisan berikutnya. Saya kasih masukan untuk tulisan di atas ya. Sebelum diposting mungkin kita perlu membacanya untuk memastikan tulisan kita ada tidak yang salah ketik. Karena saya hari ini juga sepertinya ada yang salah ketik padahal sudah saya usakan membaca ulang sebelum diposting.

28 Sep
Balas

Betul sekali...senang rasanya jika tulisan kita mendapat komentar atau tanggapan dari pembaca, memang komentar sebuah tulisan yang dimuat di blog jika dibandingkan dengan tulisan sebuah status di medsos komentarnya lebih banyak di medsos. mungkin karena di medsos bacaannya lebih singkat dan lebih banyak dibaca karena otomatis muncul di dinding. buat saya pribadi jika tulisannya benar-benar mengena di hati diusahakan untuk memberi komentar, adapun untuk tulisan saya sendiri karena masih sangat awam dalam menulis, ada yang mau membaca saja sudah sangat senang. terlepas tulisan saya dinilai bagus atau tidak sama yang membacanya.

28 Sep
Balas

Tul banget pak Tabrani, tapi kadang2 ga enak kalau koreksi punya teman, krn aku sendiri juga masih belajar hehe

29 Sep
Balas

Terima kasih banyak bu Romdonah Kimbar. Komentar kita juga bisa beruoa saran atau kritik, sekali gus bisa menjadi bimbingan bila dalam hal redaksional dan lain-lain yang perlu diperbaiki. Semoga kita terus bisa berbagi Salam Tabrani Yunis www.potretonline.com

29 Sep
Balas

Terima kasih bu Imeldayati, jangan pernah sungkan bu, kita buka saja ruang bagi orang lain memperbaiki kesalahan kita. Jadi bisa saling melihat, mengamati apa kekurangan. Yang penting bersikap terbuka. Salam Tabrani Yunis

29 Sep
Balas



search

New Post