Tantrie Leonita

Tantrie Leonita, S.S., M.Li lahir dan dibesarkan di kota tercinta Ibukota DKI Jakarta. Terdampar di Jember merupakan salah satu wujud nyata kecintaann...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Mengikhlaskan Sesuatu

Cara Mengikhlaskan Sesuatu

Oleh: tantrileo

#Tagur ke-359 (365)

Memasuki awal tahun ini disadari begitu banyak hal yang terjadi. Terutama pada berbagai peristiwa di tahun lalu yang berwarna bagaikan pelangi. Mulai dari capaian keberhasilan, prestasi, hal rumit, hingga kondisi hati yang seperti nano-nano. Tentunya berusaha untuk menetralisir dan tetap dalam kondisi yang stabil ketika dihadapkan langsung dengan orang-orang yang pernah membuat senang hingga mengecewakan. Beruntungnya memiliki pasangan yang begitu mendukung segala hal positif ketika menjalani.

Setiap orang pasti pernah mengalami hal membahagiakan dalam hidup atau bahkan mungkin sebaliknya. Tidak apa-apa ya, jangan membuat diri menjadi gusar, justru sebaiknya menanamkan pada benak bahwa berpegang pada rasa sakit tidak akan memperbaiki apapun. Pasalnya mengulang-ulang masa lalu tidak akan mengubah yang telah terjadi dan berharap sesuatu akan berlainan tidak akan membuatnya berbeda pula.

Nah, supaya dapat melanjutkan hidup dan merasakan kembali kebahagiaan, sejatinya kita harus mengikhlaskan semuanya yang telah membuat kecewa. Entah itu seseorang, suatu peristiwa, dan lainnya maka biarkan saja semuanya berlalu. Namun jika tetap saja merasa kesulitan untuk ikhlas, simak kiat-kiat ini yuk!

Berikut cara mengikhlaskan sesuatu antara lain:

1.     Terima kenyataan

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk dapat mengikhlaskan sesuatu selanjutnya adalah dengan menerima kenyataan. Cobalah untuk menerima semua yang telah terjadi, bukan terus menerus menghindarinya. Sebab, itu tidak menyelesaikan masalah bahkan tidak mendapatkan solusi. Justru masalah itu harus dihadapi bukan menghindari bahkan lari menjauhinya.

Memang tidak mudah akan tetapi bila Anda berhasil melewatinya, maka Anda telah menemukan sesuatu hal yang baik dan menjadikan diri Anda lebih baik lagi. Percayalah akan hal itu!

2.     Jangan terlalu serius

Pada dasarnya semua manusia yang hidup di dunia ini memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Tinggal bagaimana kita menyikapi masalah tersebut. Satu hal pasti, janganlah terlalu menghukum atau keras pada diri Anda sendiri saat di kondisi ini.

Hadapilah dengan enjoy, tidak terlalu serius, bahkan menyalahi diri sendiri. Jalani dengan tenang dan menganggap bahwa ini semua menjadi bagian dari proses mendewasakan diri dan bagian kehidupan. Dengan demikian akan membuat diri terasa tidak terbebani.

BERSAMBUNG

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post