Tashliyati

Seorang guru bahasa Inggris yang memilki 3 anak. selalu berharap menjadi yang terbaik bagi keluarga...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMANFAATKAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

MEMANFAATKAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

MEMANFAATKAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Sekarang ini, banyak sekolah yang mulai menggalakkan program adiwiyata. Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Sering kita menjumpai banyak sampah plastik bertebaran di lingkungan sekitar kita. Demikian juga halnya di sekolah. Hal ini disebabkan banyaknya kemasan makanan dan minuman instant yang dijual di masyarakat. Dan karena sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh bakteri yang ada di dalam tanah, maka sampah plastik menjadi suatu kendala yang cukup berat untuk penanganan kebersihan di lingkungan, termasuk juga lingkungan sekolah. Hal inilah yang menyebabkan kita sebagai guru untuk berusaha mengajak para peserta didik untuk memanfaatkan limbah dalam pembelajaran.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris terdapat satu materi yang berisi proses pembuatan sesuatu, yaitu teks prosedur. Sedangkan dalam tiap kemasan makanan atau minuman instant biasanya terdapat petunjuk pembuatannya. Misalnya pada kemasan mi instant di bagian belakang terdapat cara pembuatan mi tersebut mulai dari direbus, ditiriskan, dicampur dengan bumbu dan siap dimakan. Pada bungkus kopi atau minuman instant juga terdapat cara membuat minuman itu, mulai dari dibuka bungkusnya, dituang pada gelas, diberi air panas, diaduk lalu siap diminum.

Pada mulanya para peserta didik merasa bosan dan enggan untuk membaca teks dalam bahasa Inggris, sehingga mereka pun mengalami kesulitan untuk mengetahui dan memahami isi teks tersebut. Maka penulis mencoba menarik perhatian peserta didik dalam memahami teks prosedur dengan memanfaatkan media sampah plastik bekas makanan atau minuman yang mereka beli di kantin sekolah. Dari situlah para peserta didik mulai tertarik untuk mengamati tiap kemasan makanan atau minuman yang mereka beli, sehingga bungkus makanan atau minuman itu tidak dibuang begitu saja. Kemudian penulis menugaskan para peserta didik untuk merangkai kalimat dalam bahasa Inggris sesuai dengan urutan pembuatan makanan atau minuman tersebut, sehingga tersusunlah sebuah teks prosedur yang baik dan benar. Selain itu mereka juga dapat memahami proses pembuatan dengan mengamati gambar yang terdapat dalam bungkus tersebut. Penulis juga memberi tugas pada peserta didik untuk menempelkan bungkus bekas makanan atau minuman yang mereka beli tersebut pada buku atau lembar tugas yang sudah mereka kerjakan. Dengan demikian mereka tidak akan membuang bungkus bekas makanan atau minuman itu begitu saja, karena ternyata dari bungkus bekas makanan atau minuman dapat mereka gunakan untuk belajar.

Dari pengalaman ini kita juga mendapat pelajaran berharga, bahwa ternyata kita dapat menarik perhatian para siswa untuk mengenali dan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita, bahkan sampah plastik pun dapat kita manfaatkan sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, kita sebagai guru diharapkan dapat mencari ide-ide kreatif yang bisa menarik pehatian peserta didik dalam proses pembelajaran dan juga mengajarkan cara menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan limbah atau sampah sebagai bahan untuk belajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat inspiratif Bu..salam literasi

30 Jul
Balas

Terima kasih... salam literasi

03 Aug

Subhanallah, bisa dicontek...ni ya bu guru. Jazakumullah khoiron katsiro. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bu guru.

30 Jul
Balas

Aamiin... terima kasih bu

03 Aug



search

New Post