Sutarti_Grobogan

Sutarti, S.Pd.SD, Kepala Sekolah SD N 1 Krangganharjo Toroh Grobogan Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Input Refleksi Kompetensi dan Pengelolaan Kinerja Guru di PMM

Input Refleksi Kompetensi dan Pengelolaan Kinerja Guru di PMM

Kamis, 4 Januari 2024

//

Input Pengelolaan Kinerja Guru di PMM

Oleh : Sutarti

Selamat memasuki tahun 2024 sobat guru semuanya. Mari kita refleksikan apa yang sudah kita lakukan di 2023 kemarin. Mungkin ada banyak yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah merefleksikan kompetensi kita melalui PMM. Silakan buka di Platform Merdeka Mengajar dan akan banyak fitur-fitur baru yang pastinya semakin komplit. Apa yang wajib segera dilaksanakan oleh guru? Kita cek artikel di bawah ini.

PMM mungkin sudah tidak asing lagi bagi pendidik yang ada dimanapun berada. Banyak manfaat yang kita dapat dengan membuka dan mempelajarinya. Belajar secara online hingga mendapatkan sertifikat adalah salah satunya. Saat ini baru ramai sekali beredar di medsos bahwa guru harus melakukan pengelolaan kinerja melalui PMM. Semua berawal dari Ekinerja yang sudah kita isikan di akhir 2023.

Kegiatan refleksi kompeensi dan pengelolaan kinerja dijadwalkan 1-31 Januari 2024. Bulan ini kita harus merencanakan hasil kerja yang akan kita laksanakan 6 bulan ke depan yakni mulai Januari-Juni atau semester 2. Kagiata pengelolaan kinerja dilaksanakan selama 2 kali dalam setahun. Periode Januari-Juni dan Juli-Desember.

Langkah awal yang kita lakukan yakni cek versi PMMnya. Apakah sudah versi terbaru atau lama. Jika sudah terbaru silakan bisa dilanjutkan, apabila belum langsung buka playtrore dan update aplikasi PMMnya hingga terbaca versi 1.48.0.

Berikutnya Ibu dan Bapak guru PNS bisa langsung buka dan kerjakan di refleksi kompetensi. Ada 4 kompetensi yakni pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional. Silakan dibaca dan dikerjakan dengan teliti, karena itu akan mempengaruhi satuan pendidikan.

Jika 4 kompetensi sudah diselesaikan dengan baik, silakan dilanjutkan ke pengelolaan kinerja yang wajib dilakukan oleh semua guru (ASN dan Non ASN). Jika sudah masuk akan ada tampilan perencanaan kinerja.

Hari ini sudah dilaksanakan perencanaan kinerja yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Krangganharjo, Toroh Grobogan. Kami bersama-sama membaca raport pendidikan, walaupun tidak ada prioritas utama akhirnya kami pilih salah satu dari 8 aspek.

Yang kami pilih adalah Instruksi yang Adaptif, kita klik dan lanjut ke pengembangan kompetensi. Kegiatan ini tidak harus selesai dalam sehari, ada waktu sebelum 31 Januari 2024 untuk melaksanakannya. Ketika kita masuk di pengembangan kompetensi silakan isikan RHK yang menjadi piihan guru tersebut. Dalam RHK minimal 32 poin, misal dalam perencanaan lebih dari itu diperbolehkan.

Ada 18 RHK dan itu tidak harus dipili semua. Sesuaikan dengan kemampuan dan perencaan guru. Sebagai contoh memilih RHK yang berbunyi, "Meningkatkan kompetensi melalui seminar, simposium, lokakarya, ..." 4 poin. Guru wajib memilih kegiatannya dalam satu semester. Boleh 2,3 atau lebih. Hasilnya akan diakumulasikan, misal pilih 3 kegiatan tinggal dikalikan 4 poin yakni nilai 12. Begitu seterusnya hingga RHK selesai.

Jika RHK selesai, guru melanjutkan/klik tugas tambahan. Ada banyak pilihan di sana, mulai dari menjadi bendahara BOS, operator dapodik, sampai menjadi panitia TPPK. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan tugas tambahan guru tersebut.

Tugas tambahan selesai dilanjutkan pengisian perilaku kinerja. Ada 7 poin yang wajib diisikan di sana itupun tinggal pilih saja. Hingga pada rangkuman, di sini apa yang guru isikan akan tampil semua. Mulai dari RHK yang dibuat, tugas tambahan, dan perilaku kinerja akan tampil di sana.

Apakah sudah selesai sampai sini? tentu tidak.

Langkah terakhir guru wajib mengajukan ke kepala sekolah dengan klik pengajuan.

Sampai sini tugs guru selesai untuk sementara waktu tinggal kepala sekolah cek-cek dan menyetujuinya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai langkah-langkah pengisian refleksi kompetensi dan pengelolaan kinerja guru. Semoga bermanfaat dan salam literasi dengan penuh semangat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih

05 Jan
Balas



search

New Post