Sutarti_Grobogan

Sutarti, S.Pd.SD, Kepala Sekolah SD N 1 Krangganharjo Toroh Grobogan Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melalui Senam, Ciptakan Tubuh Bugar dan Literasi Lancar

Melalui Senam, Ciptakan Tubuh Bugar dan Literasi Lancar

Lomba Menulis Bulan September 2023

//

Melalui Senam, Ciptakan Tubuh Bugar dan Literasi Lancar

Karya : Sutarti

Tubuh sehat, kuat, dan hati senang adalah idaman setiap orang. Bagaimana tidak? Kita sebagai manusia harus menyeimbangkan semua kegiatan. Apalagi jika tergolong orang yang sibuk. Harus bisa menyeimbangkan antara olahraga, bekerja, dan menyalurkan hobby atau minat kita.

Setiap manusia pasti pernah merasakan sakit. Baik itu sakit badan maupun sakit hati (red:dalam arti konotasi). Kita kupas satu persatu hal tersebut. tubuh sehat adalah dambaan setiap manusia. Melalui berbagai kegiatan positif maka kesehatan itu akan muncul dengan sendirinya. Salah satunya adalah dengan berolahraga senam. Olahraga yang saat ini senang viral yang dilakukan oleh ibu-ibu yang dan kondisi badan kebesaran alias gendhut demi kelangsingan. Namun, sebenarnya bukan itu tujuan utama olahraga, yang pasti supaya badan sehat dan kuat.

Sehat badan karena senam sudah terbukti dan dilakukan oleh penulis. Di sisi lain kita harus sehat hati. Mengurangi berpikir negatif dan terus berusaha membuat hati senang. Sebenarnya simple saja kok, kita dalam melakukan segala aktivitas jika dilaksanakan dengan senang hati maka akan buat hati ini menjadi riang dan penuh kenyamanan.

Ketika badan dan hati sudah seimbang yakni sehat dan hati senang maka dalam melakukan aktivitas apapun akan merasakan hal yang sama. Salah satu contohnya adalah menulis buku. Salah satu kegiatan literasi yang buat hati makin berani menyatakan perasaan melalui tulisan. Mengapa bisa begitu? Seorang penulis berhak mengungkapkan apa saja yang ada dalam hati melalui tulisan.

Salah satu bentuk ungkapan tadi adalah menulis buku. Ketika badan segar, hati senang, pasti banyak ide yang dating. Seperti ketika kita sedang duduk di teras melihat orang lewat, maka seketika itu akan timbul sebuah cerita seru yang ingin segera ditulis. Apalagi jika yang lewat tadi adalah cewek atau cowok idaman hati kita. Semakin lancarlah dalam menulis karena sudah mengena di hati.

Tubuh yang sehat melalui olahraga senam mampu melancarkan ide kita dalam menulis. Sehat badan diimbangi sehat pikiran maka akan timbul ide yang maksimal. Ketika kita olahraga senam, bertemu dengan teman-teman alias ibu-ibu yang sefrekuensi pasti ketika berkumpul banyak cerita dan candaan. Hal itu merupakan salah satu apa yang kita dapatkan ketika mengikuti kegiatan senam. Jika diam saja di rumah pastinya akan beda. Hanya diam dan pikiran kosong jadinya malah pikiran tak menentu tanpa arah dan tujuan.

Melalui olahraga senam kita banyak teman dari berbagai kalangan. Banyak cerita yang kita dapatkan. Saling memberi masukan dan semangat ketika kita ada dalam masalah. Yang semua itu kita dapatkan ketika kita bertemu dan berkumpul bersama mereka.

Apa yang kita dapatkan bisa kita wujudkan dalam bentuk tulisan. Dunia literasi itu sungguh sangat menyenangkan dan membuat pikiran menjadi tenang. Bisa bercerita tanpa ada yang menghalangi. Bisa tambah teman walaupun hanya melalui dunia maya. Kita tulis, posting di blog, dibuka dan dikomentari banyak teman. Semua itu membuat badan dan hati kita makin sehat.

Sehat itu dimulai dari dalam diri. Kita niatkan dengan selalu berpikir positif. Tidak pernah menghiraukan obrolan-obrolan yang tidak bermanfaat. Selalu berkolaborasi dengan teman yang lain. Berganti-ganti teman karena banyaknya komunitas. Semua itu sangat bermanfaat untuk kita karena ide muncul dari mana saja dan di komunitas apa saja.

Sehatkan tubuh dengan olahraga. Pernyataan itu tentu saja benar apalagi dengan olahraga senam yang memang digemari oleh ibu-ibu seperti saya. Penting gerak, ikuti irama, ditambah dengan pikiran nyaman maka akan buat jiwa, raga, dan hati menjadi sehat dan berbinar.

Profil Penulis

Sutarti, S.Pd.SD, Lahir di Grobogan dan saat ini pindah tugas di SD Negeri 1 Krangganharjo, Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Penulis telah menghasilkan 24 buku karya mandiri dan antologi. Saat ini menjadi pengurus aktif di Asosiasi Guru Penulis Grobogan (AGPG). Sebuah organisasi yang membersamai para penulis di Kabupaten Grobogan untuk menghasilkan karya.

Penulis bisa dihubungi WA. 085727099677. Alamat email: [email protected] . FB. Tatiex_tweet.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Bun. Juara lagi ni hehe.... Sukses selalu, Bunda

16 Sep
Balas

Senam bersama ya

15 Sep
Balas

Mantap ulasannya

16 Sep
Balas



search

New Post