Sutarti_Grobogan

Sutarti, S.Pd.SD, Kepala Sekolah SD N 1 Krangganharjo Toroh Grobogan Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rekomendasi Belajar Berdasarkan Rapor Pendidikan di PMM

Rekomendasi Belajar Berdasarkan Rapor Pendidikan di PMM

Senin, 8 Januari 2024

//

Rekomendasi Belajar Berdasarkan Rapor Pendidikan di PMM

Oleh : Sutarti

Semangat pagi sobat guru semuanya, semoga dalam keadaan sehat dan kondisi baik-baik saja. Kali ini masih tentang 2 hal baru yang ada di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Ada refleksi kompetensi (untuk guru PNS) dan pengelolaan kinerja guru (ASN dan Non ASN).

Masih penasaran? Kita simak ulasan di bawah ini.

Platform Merdeka Mengajar awal tahun 2024 ini menjadi favorit karena banyak sobat guru yang mengaksesnya. Mengapa demikian? karena di PMM ini guru PNS harus melakukan refleksi kompetensi yang telah dilaksanakan di tahun 2023. Mulai dari kompetensi pedagogik hingga profesional. Di samping itu, guru wajib membuat perencanaan atau RHK yang sekarang ini dikerjakan di PMM yang terintegrasi ke BKN. Mungkin ada beberapa yang sudah melaksanakannya. Mulai memilih RHK yang sesuai dengan pilihan sobat guru sendiri hingga RHK yang berupa panduan dari Kepala Sekolah masing-masing.

Ada salah satu RHK yang berbunyi, "Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta Pelatihan Mandiri sesuai model kompetensi guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah (8 poin)". Sebagai bukti dukung adalah sertifikat topik dan nilai setiap kegiatan adalah 8 poin.

Jika sobat guru memilih RHK itu sebaiknya bertanyalah pada Kepala Sekolah masing-masing tentang topik yang harus dikerjakan di Pelatihan Mandiri PMM. Banyak sekali topik yang telah muncul di PMM, pastinya di masing-masing satuan pendidikan ada prioritas belajar atau yang direkomendasikan untuk dipelajari terlebih dahulu berdasarkan rapor pendidikan.

Bagaimana cara mengetahui rekomendasi belajar tersebut? Mari kita cek tahapannya :

1. Buka PMM menggunakan akun Kepala Sekolah

2. Cari fitur Pelatihan Mandiri lalu klik

3. Akan muncul Rekomendasi Belajar (Rekomendasi berikut disusun sebagai rekomendasi belajar berdasarkan Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan Anda)

4. Akan ada tampilan Inspirasi 1,2, dan 3 (menyesuaikan sekolah masing-masing)

5. Klik inspirasi 1

6. Akan muncul rekomendasi pelatihan mandiri yang jumlah modulnya sesuai dengan sekolah masing-masing. Sebagai contoh : SD Negeri 1 Krangganharjo (Bimbingan dan Konseling : Layanan Dasar, Iklim Sekolah Aman : Mencegah Perundungan, dan Layanan Responsif)

7. Guru mengerjakan Pelatihan Mandiri berdasarkan rekomendasi belajar

8. Kerjakan sampai tuntas hingga terbit sertifikat

9. Sobat guru jika sudah terbit sertifikat artinya sudah nabung 8 poin. Tinggal nanti dikalikan berapa topik yang sudah terbit sertifikatnya.

10. Lanjutkan dengan topik-topik berikutnya.

Di atas adalah 10 tahapan untuk mengetahui rekomendasi belajar di satuan pendidikan masing-masing berdasarkan rapor pendidikan.

Jika saat ini/ 2-31 Januari 2024 adalah tahap perencanaan, ada baiknya setelah melakukan perencanaan sobat guru mengerjakan topik di PMM sesuai rekomendasi. Sambil menunggu validasi dan terbit sertifikat sobat guru bisa mempersiapkan RHK lain yang akan dilaksanakan di bulan berikutnya.

Jika Kepala Sekolah bingung dan lupa dengan akunnya, silakan menemui operator dapodik dan minta diunduhkan melalui portal Akun.belajar.id (KS sebagai adminnya).

Mungkin itu dulu yang bisa penulis sampaikan. Silakan sobat guru segera menghubungi Kepala Sekolah masing-masing untuk mengetahui rekomendasi belajar yang harus dikerjakan.

Tetap semangat dan salam literasi dari Grobogan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa menginspirasi bunda

08 Jan
Balas

Ulasan keren informatif & sangat bermanfaat.

08 Jan
Balas

Mantap ulasannya, Bu. Lama tidak berjumpa.

08 Jan
Balas

Iya Bun jadi kangen

08 Jan

Siap komandan

08 Jan
Balas

Ok, laksanakan

08 Jan



search

New Post