TAUFIK AKBAR HASIBUAN

Guru Alif alif adalah sebutan untuk para guru yang mengajari baca Tulis Alquran. Belajar untuk terus menjadi manusia yang berguna bagi orang lain. Saat ini akti...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hikmah Larangan
Penjara Suci

Hikmah Larangan

Larangan Itu Untuk Kebaikanmu!

Banyak kita marah dan jengkel ketika ada hal yang disukai dilarang, bahkan terkadang mengutuk kegelapan dan melawan. Jika kita penggemar dangdut, mungkin pernah mendengar lirik lagu bang haji Roma Irama.

Kenapa oh kenapa

Yang asik itu dilarang

Kenapa oh kenapa

Yang nikmat itu dilarang.

Melihat ilustrasi foto ini, mungkin sudah bisa memberikan jawaban kepada kita. Kenapa sesuatu itu dilarang, kenapa semua tidak dibolehkan? Tulisan ini hanya menyoroto soal hikmah larangan dalam agama, agar tidak terjadi interpretasi pada yang lain. Apalagi soal sosial, politik, budaya, ekonomi di negara kita. Biarlah itu lahan mereka alumninya.

Sahabat yang baik

Hikmah larangan dalam Islam cukup banyak, secara umum bisa kita lihat dalam 3 hikmah utama dan ini dirasakan oleh setiap orang.

1. Menjaga Kehormatan

Setiap manusia pasti ingin dihargai dan di hormati, tua muda, pria wanita, di kota dan di desa. Perasaan ini selalu ada dalam diri setiap orang, maka mereka akan berusaha semaksimal mungkin agar dihargai dan di hormati.

Larangan yang Allah tetapkan semata mata adalah untuk menjaga manusia agar saling menghormati, menghargai. Contoh Zina, zina dilarang agar manusia dihargai layaknya sebagai manusia, bukan hewan yang bisa menyalurkan hasrat biologisnya dimana dan kapan saja. Judi dilarang, agar tidak lahir sifat dendam dan kebencian, karena setiap perjudian akan melahirkan kebencian dan dendam.

2. Mengajarkan Kedisiplinan

Larangan bersifat preventif, mencegah agar manusia lari dari garis yang mengatur. Maka dengan adanya larangan, akan lahir sifat disiplin dalam diri seseorang. Dia akan berusa menjaga dirinya, orang lain agar tetap berjalan di rel yang telah di gariskan. Seperti halnya kereta api, akan selamat hingga di stasiun apa bila tetap berjalan direl yang ditetapkan. Andaikan sedikit saja lari dari rel, alamat akan hancur dan binasalah seluruh penumpang kereta api.

3. Bukti Ketaatan

Tugas utama setiap individu, mengabdi pada Tuhan. Maka hendaknya dia akan berusaha semaksimal mungkin menjaga kepercayaan yang telah Tuhan berikan. Ketika larangan telah ditinggalkan itu artinya ketaatan dan kepatuhan kita telah dilaksanakan dengan baik. Sebaliknya jika larang tetap dilanggar, sama artinya kita melawan perintah Raja.

Masih banyak lagi hikmahnya, bisa kita gali dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kayak nyanyiannya Bang Rhoma... salam kenal Pak.. Mohon maaf lahir dan bathin

28 May
Balas

Salam juga bu..

29 May

Mari memetik hikmah dr semua larangannya

28 May
Balas

Insya Allah

29 May



search

New Post