TAUFIK AKBAR HASIBUAN

Guru Alif alif adalah sebutan untuk para guru yang mengajari baca Tulis Alquran. Belajar untuk terus menjadi manusia yang berguna bagi orang lain. Saat ini akti...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hormat dan Rendah Hati Tanpa Syarat
Diskusi

Hormat dan Rendah Hati Tanpa Syarat

Hormat dan Rendah Hati Tanpa Syarat

Seorang WALIYULLAH dengan pakaian kumal, datang memohon sumbangan ke rumah seorang saudagar kaya. Saudagar kaya itu merasa sebal dengan penampilan si WALI itu dan mengusirnya pergi dengan kata-kata kasar. Beberapa hari kemudian seorang WALI besar datang dengan jubah keagamaan yang mewah dan berkilauan, memohon sedekah ke saudagar kaya tersebut.

Si saudagar kaya segera menyuruh anak buahnya untuk menyiapkan makanan mewah untuk si WALI BESAR. Lalu ia mengajak si WALI untuk menikmati makanannya. Si WALI menanggalkan jubah keagamaannya yang mewah, melipatnya dengan rapi dan meletakkannya di atas kursi meja makan. Ia kemudian berkata:

"Kemarin aku datang dengan pakaian usang dan anda mengusirku. Hari ini aku datang dengan pakaian mewah anda menjamuku. Tentunya makanan ini bukan untukku tapi untuk jubah ini?."

Setelah berkata demikian WALI tersebut berlalu, meninggalkan si saudagar yang kaget.

Lantas WALI itu menyimpulkan :

Kalau ternyata bukan diriku, melainkan pakaianku yang dihormati, mengapa aku mesti senang...????

Dan kalau ternyata bukan diriku, melainkan apa yang kupakai yang dihina, mengapa aku mesti sedih..???

Demikianlah manusia, lebih sering menghormati yang melekat pada diri orang, seperti apa yang dipakai (pakaian dan accesorisnya atau kekayaan, jabatan, BUKAN PRIBADI keberadaan orang itu sendiri.)

Maka, Jika kita dihormati orang, janganlah bangga diri. Dan kalau pun jika kita tidak dihormati, jangan kecewa dan bersedih diri. Sebab, kita tetap sebuah harga. Siapapun yang merendahkan kita saat ini, jangan sampai membuat kita runtuh, bangkitlah dan tetaplah teguh.

Kata Imam Al-Ghazali: “Jangan resah andai ada yang membencimu, kerana masih ramai yang mencintaimu di dunia. Tetapi resah dan takutlah andai Allah membencimu, kerana tiada lagi yang mencintaimu di akhirat.” dan Imam Hassan Al-Basri Rohimahullahu Taala berkata: "Tahukah kalian apa itu tawadhu?. Tawadhu itu adalah engkau keluar dari kediaman mu, lantas engkau bertemu seorang muslim. Kemudian engkau merasa dia lebih mulia dari kamu."

Wallahu a'lam bittaufiq. Mudah-mudahan kisah ini bermanfaat untuk kita semua. Barakallah.

Shallu 'Alaa Muhammad.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Terima kasih pak

08 Jun

Terima kasih pak

08 Jun

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Mantap pak..

08 Jun
Balas

Terimakasih Pak

08 Jun
Balas

Sama sama bu, semoga bermanfaat

08 Jun

Terimakasih Pak

08 Jun
Balas

Terimakasih Pak

08 Jun
Balas

Terimakasih Pak

08 Jun
Balas

Terimaksih pencerahannya Pak. Barakallah.

08 Jun
Balas

Sama sama bu. Aminn

08 Jun



search

New Post