Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya
Navigasi Web

Seberapa Harga Puisi?

Harga sebait Puisi

Puisi adalah kompilasi interaksi antarperistiwa dan pengalaman estetik si penyair, kataku. Mungkin harganya hanyalah makna dari peristiwa tadi yang berubah ke wujud baru (siapa peduli?) dan menuju kebadiannya sendiri.

Kemarin kubaca kilasan pengantar buku puisi Jokpin (Joko Pinurbo, 2020), "Perjamuan Khong Guan", yang diantara isi kaleng" puisinya tentang rindu rindu yang membatu.

Katanya, kumpulan puisi itu ia rampungkan dalam masa tiga tahun: untuk riset, pemaknaan dan eksekusi estetik. Cukup lama untuk selevel Jokpin, tapi itulah harga sebait puisi.

Atau bahkan bisa lebih lama dari itu, atau seperti "Boeah Rindoe" Amir Hamzah, disebab cintanya yang tak sampai. Atau seperti musikalisasi puisi Lautan Jilbab Emha era 90an, saat orang orang masih ramai menolak jilbab sebagai trend nasional. Atau pembacaan puisi oleh Rendra alm, saat itu, senilai 25 juta, itu nilai fantastis jelang tahun 90an.

Begitulah, puisi dengan makna dan peristiwa di dalamnya membawa maknanya sendiri. Bait bait puisi itu memiliki harga spesialnya, paling tidak dari perspektif personal si penyair.

"Aku bisa meminta sebuah rumah untuk puisi yang aku ciptakan", Kata Rendra pula, puluhan tahun silam, saat membaca buku sastra di pustaka utama Sumatera. Alasan Rendra, menulis puisi, menghasilkan karya wujud puisi adalah pekerjaan, bahkan diantara pekerjaan yang paling mulia bila karya itu relevan dengan idealita zaman dan perbaikannya, "Puisi itu daya hidup," katanya pula.

Berapakah nilai/ harga dari daya hidup?

tanyaku padamu......

Taufik sentana

peminat puisi klasik dan modern

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

30 May
Balas

Mantap tulisan opininya. Salam literasi & selamat lebaran. Sudah like & follow

30 May
Balas

Mantap ulasannya p. Taufik

31 May
Balas

Salam.literasi saya sudah memfollow. Salam sukses

31 May
Balas



search

New Post