Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya
Navigasi Web
Surat yang (mungkin) Tak Pernah Dibaca
Kawasan Indah, Puncak Geurutee Aceh@istimewa2019

Surat yang (mungkin) Tak Pernah Dibaca

Surat Untuk Pemimpin

Entah kapan surat ini sampai kepadamu,

tanpa amplop seperti dulu

sebab zaman telah bisa kita lipat

dan kapan saja isi surat bisa muncul

dibaca dan dibalas.

Tapi ini tak perlu engkau balas,

cukup engkau hayati saja

bilamana engkau memahami makna memimpin.

Bila tak, maka bacalah surat lain atau belajarlah cara beternak fulus. Dan abaikan yang kutulis ini. Sebab isi surat ini untuk yang sanggup menjadi pemimpin.

Walau idealnya setiap diri diberi fitrah memimpin, tapi kadang mekanisme dan lingkungan mengondisikan diri kita untuk menjadi apa, atau semata menjadi follower mutlak.

Bila matamu tak melihat pandangan baru dan tak bisa melihat objek secara terbalik maka itu bukanlah pemimpin untuk kami.

Bila tanganmu tak mampu mengangkat kelemahan kaummu dan meningkatkan harkat mereka, maka engkau bukanlah pemimpin, melainkan pekerja rendahan bahkan lebih bodoh dari kami. Sebab, apa yang engkau emban menjadi bebanmu saat Mizan ditegakkan. Dan engkau akan memikul semua kesalahan kami atas keabaianmu dalam merealisasikan perbaikan.

*Peminat sastra sufistik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bila telah mampir dan saling berbagi disini,salam kenal dan berkah selalu unt kita.

14 Oct
Balas



search

New Post