Taupik Rohmansyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru, Jangan Masuk Kelas

Jangan masuk kelas jika guru tidak memiliki komptensi untuk mampu mengembangkan kepribadian siswa, membina budi pekerti serta senantiasa memberikan pengarahan kepada siswa agar ia menjadi seorang anak yang berkarakter.

Jangan pernah masuk kelas jika guru tidak mau berbagi pengetahuan kepada siswa, melatih keterampilan, memberikan pedoman, bimbingan, merancang pengajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai aktivitas pembelajaran.

Jangan masuk kelas jika guru tidak bertindak sebagai fasilitator; memotivasi siswa, menyediakan bahan pembelajaran, mendorong siswa untuk mencari bahan ajar, membimbing siswa dalam proses pembelajaran dan menggunakan ganjaran hukuman sebagai alat pendidikan.

Jangan masuk kelas jika guru tidak mampu memberikan peran pelayanan; memberikan suatu kenyamanan terhadap siswa dalam belajar, menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah seperti ruangan, meja, kursi, papan tulis, alat peraga dan lainnya serta memberikan layanan sumber belajar agar siswa nyaman dan aman dalam belajar.

Jangan masuk kelas jika guru tidak berperan sebagai perancang; bertugas untuk menyusun program pengajaran dan pembelajaran sesuai ajaran dalam kurikulum, menyusun rencana mengajar, menentukan strategi atau metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar.

Jangan masuk kelas jika tidak mau berperan sebagai pengelola; bertugas untuk melaksanakan administrasi kelas seperti mengisi buku presensi siswa, daftar nilai siswa, mengisi raport dan sebagainya. Bahkan guru harus memiliki rencana mengajar, program semesteran, program tahunan dan silabus serta melaksanakan presensi kelas, dan memilih strategi dan metode pembelajaran yang efektif.

Jangan pernah masuk kelas jika guru tidak mau berperan sebagai penilai; suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses belajar guna untuk memberikan hasil belajar siswa; yaitu menyusun tes dan instrumen penilaian, melaksanakan penilaian terhadap siswa secara objektif, mengadakan pembelajaran remedial dan mengadakan pengayaan dalam pembelajaran.

Jangan masuk kelas, jika liburan sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jangan masuk kelas Kalo Lagi laper yah kang ha....

06 Sep
Balas

hehe... lama tak buka portal gurusiana

03 Dec



search

New Post