Teguh Basuki

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KALI KARANG : kumpulan cerpen

Kali Karang merupakan sungai besar yang mengalir dari perbukitan Ardi Lawet menyusuri daerah yang dulu disebut Perdikan Cahyana. Kalau sekarang disebut Kecamatan karangmonco, Sungai dengan air jernih dan berbatuan sedang ini menjadi sumber kehidupan masyarakat yang dilewatinya. Sungai ini memberikan dukungan pada usaha persawahan, perkebunan, perikanan, bahkan menjadi sumber kehidupan secara langsung dalam musim kemarau. Batu, pasir, ikan yang hidup di dalamnya menjadi bagian dan sumber penghidupan sebagian orang di kecamatan Karangmoncol.

Seperti mengikuti aliran Kali Karang, mengalir pula cerita-cerita di masyarakat sekitar. Dari sanalah saya mencoba menggali cerita-cerita itu menjadi cerpen-cerpen yang saya kumpulkan dalam kumpulan cerpen ini. Ada cerita tentang tokoh sentral di perdikan Cahyana yaitu Rubiah Bekti. Ada juga cerita kesaktian keris. Namun begitu juga terungkap juga cerita tentang perjuangan masyarakat di sana. Si Wina, Gepuk, juga Ibu. Disajikan juga tentang mulai lunturnya kepedulian dalam cerpen Sepatu Merah Jambu.

Sebagai penulis, saya mencoba mengangkat cerita lokal yang sudah dihubung-hubungkan dengan kehiidupan aktual sekarang ini. Cerita-cerita yang berkembang di masyarakat saya angkat terutama sebagai seting dan perekat dengan kehidupan lokal saja. namun tema besar tetap pada kehidupan manusia, dan kemanusiaan. Dengan sekitar 15 cerpen ini saya ingin menyuarakan bahwa kita sebenarnya memiliki warisan kerifan lokal yang perlu digali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Muantap !!!

02 Nov
Balas

Mantap Pak...

02 Nov
Balas

essiiip.....luar biasa.

02 Nov
Balas



search

New Post