Teguh Basuki

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMBIMBINGAN MENULIS CERPEN

Menulis cerpen bagi seorang siswa SMP bukanlah perkara mudah. Keterbatasan referensi dan teknik menulis merupakan kendala utama. Namun demikian, berbagai festifal dan ajang lomba menulis cerpen bagi pelajar terus ada dan diselenggarakan. Hal ini tentunya perlu dicari pemecahannya.

Muatan kurikulum, baik SMP maupun SMA mengandung materi menulis teks cerita, cerpen. Akan tetapi ini saja tentu belum cukup untuk menjadikan seorang siswa berbakat menjadi penulis cerpen. Diperlukan usaha-usaha lain yang dikembangkan di luar kelas yang bisa menjadikan seorang siswa memiliki minat, semangat, dan kemampuan teknis dalam menulis cerpen.

Sebagai seorang guru bahasa Indonesia, saya memiliki pengalaman dalam pembimbingan menulis cerpen di beberapa sekolah. Ada beberapa siswa saya yang berhasil maju ke tingkat pprovinsi dalam ajang FLS2N. Pengalaman saya ini tentu sedikit banyak dapat membantu guru-guru bahasa dalam membimbing siswa melaluoi proses kreatif menulis cerpen.

Penulis berkeyakinan, jika seorang guru memiliki teknik dan pembimbingan menulis cerpen yang efektif, maka akan munculah suatu saat cerpenis-cerppenis cerdas di Indonesia. Guru dapat sangat berpengaruh dalam proses kreatif seorang anak dalam mengungkapkan gagasan besar tentang Indonesia melalui cerpen. Siapa tahu dari Anda para pembimbing akan lahir sastrawan Indonesia peraih nobel sastra. Kenapa tidak?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post