Teguh Maulana, S. Pd.

Lahir di desa Kajen Kecamatan Talang Kabupatèn Tegal. Seorang guru di SMP Muhammadiyah Dukuhturi. Memiliki motto Pengetahuan adalah Kekuatan dan masih be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berpola

Berpola

#TantanganGurusiana

Hari ke-21

Berpola

Malam ini hujan turun kembali. Membasahi bumi yang sepanjang hari telah menyaksikan tingkah pola manusia yang beraktifitas.

Semua orang memiliki pola tersendiri dalam kehidupannya. Mengatur pola hidup yang sengaja dirancang sedemikian rupa. Andai kita belum merancangnya maka waktu yang akan memilih jenis pola yang tak tentu arah. Mengikuti kehendak hati tanpa merancang aktifitas yang akan dimulai seseorang sejak pagi hingga malam tiba.

Seorang siswa atau anak, apabila tidak dirancang oleh orang tua dalam hal ini dituntun untuk melakukan hal yang baik agar terbiasa melakukannya. Akan sangat berat rasanya apabila belum terbiasa.

Di masa pandemi yang sedang terjadi, membuat pola kehidupan anak seharusnya sudah ada grand design yang dibuat atau disusun oleh para orang tua.

Masa pandemi ini untuk anak mau diarahkan kemana dan bagaimana dalam melakukan aktifitasnya. Tidak jarang orang tua secara tidak sadar membiarkan anaknya berpola seadanya dan semaunya saja, sehingga anak tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Anak usia Sekolah Dasar atau mungkin Sekolah Menengah Pertama belum mampu merancang perjalanan hidupnya sendiri sehingga sudah menjadi kewajiban orang tua agar rambu-rambu yang sebaiknya dilakukan dalam Menyongsong hari depan.

Contoh yang sering terjadi, saat anak tidak teratur dalam tidur malamnya, tidak ada jam malam menjadikan anak akan berlaku berbeda pada pagi harinya. Mungkin karena tidur terlalu malam menjadikan dia bangun kesiangan. Ada suatu peristiwa yang terjadi pada satu keluarga, anaknya bangun lebih pagi untuk salat subuh, setelah itu tidur kembali hingga batas waktu yang tak tentu. Orang tua merasa kasihan kepadanya karena sulit tidur pada malam harinya sehingga orang tua melakukan pembiaran secara tak sengaja atas anaknya dalam melakukan kebiasaan. Apalagi pada saat ini, siswa yang belajar daring.

Mungkin tidak banyak orang tua yang peduli atas anaknya dalam belajar jarak jauh, hal ini dapat memicu kebiasaan yang baru dan tidak menjadi lebih baik untuk anak. Membiasakan pola harian anak menjadi suatu pola yang umum dilakukan.

Semoga saja, hanya sementara, anak dan orang tua yang melakukan pembiasaan yang tidak baik tersebut. Masa depan masih jauh di mata jika memiliki pola yang buruk dan tidak terarah.

Waktu, tempat, dan situasi akan membentuk secara alami apabila pembiasaan yang baik dan kontinu hingga menjadi suatu kebiasaan tanpa disadari anak bahwa anak telah berbuat sesuai grand design yang dirancang tanpa beban dan senang hati dalam melakukannya.

#TantanganGurusiana

#harike21

____

Tegal, 21 Januari 2021

テグハ まうぁな

Olankraden

TOM

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post