Teguh Maulana, S. Pd.

Lahir di desa Kajen Kecamatan Talang Kabupatèn Tegal. Seorang guru di SMP Muhammadiyah Dukuhturi. Memiliki motto Pengetahuan adalah Kekuatan dan masih be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berusaha

Berusaha

#TantanganGurusiana

Hari ke-27

Berusaha

Ada usaha maka akan ada hasil. Apabila tidak maksimal seperti yang diperhitungkan, setidaknya ada satu usaha yang dilakukan.

Hari ini, sebuah karya tetap ditulis sepenuh hati, walaupun hasil belum tercapai. Tetapi sebuah niat untuk melakukan sesuatu adalah hal yang luar biasa.

Berusaha melakukan yang terbaik, maksimal bila diperlukan. Mengapa? Karena di saat kita melakukannya sesuatu hal yang sederhana, hal itu adalah suatu pembelajaran untuk diri sendiri.

Bagaimana dengan siswa? Apakah siswa sudah berusaha semaksimal mungkin? Apakah siswa sudah mengerjakannya?

Sebenarnya soal yang banyak sekali diterima oleh siswa apabila tidak dikerjakan akan menumpuk lebih banyak. Ibarat kerikil yang sedikit tetapi kerikil tersebut dikumpulkan menjadi satu akan menjadi bukit. Itulah mengapa siswa harus mengerjakan sedikit demi sedikit soal yang ada. Apabila siswa menunda waktu untuk menyelesaikannya maka beberapa persoalan akan makin bertambah dari sebelumnya.

Membagi waktu dalam mengerjakan soal di rumah akan lebih sulit bila dibandingkan saat mengerjakan di sekolah. Banyak variabel yang tak terduga dalam mengerjakan tugas masing-masing di rumah.

Seandainya siswa memiliki manajemen waktu yang tepat dan terukur, kemungkinan besar soal akan segera terselesaikan.

Media alat, bahan dan teknik yang digunakan siswa harus sesuai sasaran. Sebagai contoh; Mengerjakan soal Bahasa Inggris, maka siswa seharusnya memiliki kamus terjemahan atau aplikasi tentang kamus yang sudah berada di tangan. Jika tidak, hasil maksimal akan sulit tercapai. Mengerjakan soal Bahasa Inggris memerlukan dua kali fokus. Mencari arti kata tersebut dan setelah itu merangkainya menjadi sebuah pemahaman hingga menjawab pertanyaan - pertanyaan yang dihadapi.

Usaha atau kerja atau Work adalah energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak. Menurut suatu sumber dalam FISIKA, kita mengenal rumus USAHA (W) = GAYA (F) x PERPINDAHAN /Jarak ( S ). Atau jika mau mencari perpindahan/perubahan/perkembangan dalam kehidupan, lakukanlah suatu usaha. Agar ada perubahan yang signifikan, siswa harus bergerak. Dari posisi diam atau tidak melakukan menjadi mau melakukan sesuatu.

Melakukan hal yang kecil atau mudah terlebih dahulu. Mengerjakan soal yang dipandang paling mudah lalu sedikit sukar hingga soal yang sulit. Langkah pertama yang menentukan berhasil atau tidaknya menyelesaikan soal tersebut.

Terakhir dari hal berusaha adalah unsur keniatan. Ketika siswa ada satu keniatan untuk bergerak menjawab soal maka ilmu pengetahuannya akan bertambah. Setidaknya dari membaca sial tersebut, siswa akan mencari jawaban yang paling tepat dan baik.

#TantanganGurusiana

#harike27

____

Tegal, 27 Januari 2021

テグハ まうぁな

Olankraden

TOM

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

27 Jan
Balas

Matur nuwun Bapak. Okay.

01 Mar
Balas

Matur nuwun Bapak. Okay.

01 Mar
Balas

Matur nuwun Bapak. Okay.

01 Mar
Balas



search

New Post