Temy Yulianti

Saya adalah guru geografi yang mencoba menyelami samudra ilmu tak bertepi....., agar generasi bangsa ini tak sekedar memahami literasi, namun bisa menjadi layak...

Selengkapnya
Navigasi Web
KESERUAN BELAJAR HARI INI!

KESERUAN BELAJAR HARI INI!

#Tantangan Hari ke-13

Hari ini belajar di kelas X IPS 1 yang rata-rata pasif dalam pembelajaran. Mereka hanya mendengarkan saja materi yang disampaikan oleh saya. Jarang bertanya. Hari ini saya tidak mau seperti biasa. Sejak minggu lalu mereka sudah belajar berkelompok membuat Mind Map. Materi nya saya bagi per kelompok agar semua materi pada bab tersebut selesai.

Sumber belajar yang mereka pakai selain buku adalah internet. Saya bebaskan mereka membuat Mind Map sesuai kreatifitas mereka. Dan hari ini mereka mempresentasikan apa yang telah mereka buat minggu lalu.

Model presentasi nya, saya gunakan metode “Two Stay Two Stray”. Dalam metode ini ada 2 orang yang tinggal dalam kelompok untuk menjelaskan materi. Dua orang lagi menyebar untuk mencari informasi dari kelompok lain.

Setelah berlangsung cukup heboh, karena masing-masing orang yang bertugas sebagai “Stay” berbicara semua, di akhir pembelajaran saya meminta umpan balik dari mereka tentang pembelajaran hari ini. Selain bertujuan agar saya mengetahui apa yang mereka rasakan, saya juga ingin membiasakan mereka untuk menulis. He...he...masa guru nya saja yang menulis.

Tulisan mereka dikumpulkan. Beberapa tulisan akan saya posting di sini :

1. Menurut saya pribadi, belajar seperti ini enak. Selain bisa belajar menjelaskan, bisa melihat teman-teman dengan berbagai ekspresi : gembira, jutek, lucu, kocak, dan lain-lain. Ini pertama kali saya menjadi guru di depan teman-teman. Saya agak grogi awal nya. Namun akhir nya lancar juga. Tapi cape juga ngomong terus, haus, tenggorokan kering. – Erik -

2. Saya belajar menjadi guru sementara. Ternyata cape dan tidak mudah jadi guru, sampai-sampai tenggorokan saya serak. Butuh kesabaran juga menghadapi teman-teman yang udah dijelasin berkali-kali tetap ga ngerti. Pengalaman jadi guru menyenangkan. – Farhan-

3. Pengalaman belajar hari ini cukup asik sih. Hari ini aku menjelaskan tentang pelapukan ke teman-teman. Capek, suara abis. Sekarang aku tahu gimana rasa nya jadi guru. Banyak ilmu yang didapat hari ini. Jadi makin PD berbicara di depan orang. Good Day!

4. Ngerasain metode baru. Belajar jadi ga bosen.

5. Enak, jadi bisa keliling kelas. Tapi ada yang jelasin enak, ada juga yang jelasin nya ga jelas banget. Enakan dijelasin bu Temy

Itulah beberapa kesan dari siswa yang merasakan proses pembelajaran hari ini. Masih ada lagi yang semua nya bikin saya senyum-senyum sendiri plus bahagia karena anak-anak senang. Target saya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan alhamdulillah berhasil. Hal yang kurang dari metode ini adalah jika kelompok nya tidak siap, maka penjelasan nya pun tidak akan bisa membuat pendengar nya mengerti. Untuk mensiasati nya, saya meminta mereka membaca lagi materi nya kemudian diskusi di kelas atau bertanya langsung ke saya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post