Tensiswarni

NAMA : TENSISWARNI TTL : LIMAU LUNGGO, 23 JUNI 1978 TEMPAT KERJA : SDN 09 PPA KOTA SOLOK SUMATERA BARAT ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ADAT BASANDI SARAK SARAK BASANDI KITABULLAH ABS- SBK PART-4

ADAT BASANDI SARAK SARAK BASANDI KITABULLAH ABS- SBK PART-4

Oleh : Tensiswarni, S.Pd.I

Tantangan gurusiana hari ke-95

Solok, 11 Agustus 2020

Pembangunan merupakan suatu perubahan dari yang belum ada menjadi ada , dari belum baik menjadi baik. pembangunan tidak saja secara fisik tetapi juga mental atau tidak saja SDA tetapi juga SDM.

Bundo kanduang dalam perannya harus mampu menjadi individu yang independen dalam mempertahankan nilai – nilai adat.

Mengingat pentingnya peranan yang dipegang oleh perempuan di dalam dan di luar rumah, maka menurut adat wanita digolongkan tiga macam.

Syarak mengatakan wanita itu tiang negara , bila baik wanita baik negara, jika rusak wanita rusaklah negara.

ADAT MEMBEDAKAN 3 GOLONGAN WANITA :

Banamo simarewan Banamo mambang tali awan Banamo perempuan

Bundo kanduang (perempuan) memegang peranan penting dalam kehidupan ini terutama dalam memberikan pendidikan generasi muda,maka seharusnya perempuan (bundo kanduang) itu menjauhi perbuatan,tingkah laku yang sumbang menurut adat minangkabau.

SUMBANG BAGI PEREMPUAN MENURUT ADAT MINANGKABAU ADA 12 MACAM :

Sumbang duduk Sumbang tagak Sumbang diam Sumbang perjalan Sumbang perkataan Sumbang penglihatan Sumbang pakaian Sumbang pergaulan Sumbang pekerjaan Sumbang tanyo Sumbang jawab Sumbang kurenah

Sifat-sifat terpuji dalam hidup bermasyarakat

Sifat saling hormat menghormati

Sifat tenggang raso

Sifat rasa malu

Sifat suka berbuat baik

Sifat rendah hati

Sifat berani

Sifat suka menolong

ADAT SOPAN SANTUN DALAM MASYARAKAT

1. Jalan mandaki

2.Jalan mandata

3. Jalan malereng

4. Jalan manurun

ABS-SBK ADAT BASANDI SYARAK-SYARAK BASANDI KITABULLAH MENGANDUNG TIGA UNSUR TERPENTING

Adat adalah segala bentuk dan sistem yang mengatur prilaku dan tatanan kehidupan yang dicita-citakan atau yang ingin dicapai seluruh masyarakat minangkabau Syarak adalah substansi ajaran islam termasuk hukum-hukumnya. Kitabullah adalah alqurannul karim,kitab suci yang diturunkan allah kepada nabi muhammad saw. Adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah adalah pedoman dasar kehidupan masyarakat minangkabau dan hanya ditujukan kepada masyarakat yang menganut adat dan budaya minangkabau. Abs -sbk merupakan kesepakatan masyarakat minangkabau sejak lama yang harus dilaksanakan dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat minangkbau dan menjadi prilaku dalam amal perbuatan.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren bunda, semoga kita bisa berpedoman kepada Kitabullah.

11 Aug
Balas

Terimakasih Bucan telah berkunjung di gurusiana salam literasi

12 Aug

Tau jo nan ampek

12 Aug
Balas

Terimakasih Bucan kunjungan digurusiana salam literasi

12 Aug



search

New Post