Tensiswarni

NAMA : TENSISWARNI TTL : LIMAU LUNGGO, 23 JUNI 1978 TEMPAT KERJA : SDN 09 PPA KOTA SOLOK SUMATERA BARAT ...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU KREATIF SISWA TERMOTIVASI DALAM BELAJAR

GURU KREATIF SISWA TERMOTIVASI DALAM BELAJAR

Oleh : Tensiswarni,S.Pd.I

Tantangan gurusiana hari ke-99

Solok, 15 Agustus 2020

Motivasi sangat diperlukan agar terciptanya proses pembelajaran yang efektif,dan hasil belajar yang memuaskan. Ketika anak-anak memasuki usia SD,mereka mulai digerakkan oleh rasa ingin tahu,berkembangnya keinginan untuk menjelajah dan berinteraksi dengan orang lain.Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu mengkreasikan berbagai cara agar motivasi siswa muncul dan berkembang dengan baik.

Dimasa pandemi ini berbagai upaya dilakukan agar anak-anak betah belajar melalui daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bisa melalui video animasi yang dibuat semenarik mungkin, mulai dari gambar yang disukai anak-anak atau warna yang menarik. Banyak aplikasi yang dapat digunakan agar media pembelajaran menarik bagi siswa belajar di rumah dan dapat meningkatkan motifasi belajar siswa.

Tinggal kreatif guru menggunakan aplikasi dalam membuat video pembelajaran. Jika mau belajar banyak aplikasi yang menunjukkan langkah-langkah dalam membuat video agar siswa serasa belajar dalam kelas.

Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang disadari atau tidak disadari ,untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu,atau uasaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang bergerak melakukan suatu karena ingin mewujudkan tujuan yang akan dicapai.Untuk mencapai hasil belajar yang baik harus ada perpaduan yang harmonis antara guru dan siswa saat proses pembelajaran.

Ciri –ciri siwa yang memiliki motivasi belajar adalah

1.Memiliki gairah dan semangat yang tinggi

2.Memiliki rasa ingin tahu

3.Mampu “jalan sendiri”ketika guru meminta mereka mengerjakan sesuatu

4.Percaya diri dan memiliki daya kosentrasi yang cukup tinggi

5.Menganggap kesulitan belajar sebagai tantangan yang harus diatasi

Jika ini muncul dalam proses pembelajaran maka guru akan enak dan antusias menyelenggarakan pembelajaran,sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.Maka proses pembelajaran yang dilakukan siswa akan berhasil.Namun apabila ada sebagian siswa yang motivasi belajarnya rendah maka pembelajaran tidak akan berhasil dengan baik.

Usaha yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dan belajar siswa adalah

1.Memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran

2.Memberikan reword berupa pujian dan hadiah

3.Menanamkan cinta membaca ,karena membaca merupakan jendela penambah pengetahuan.

Guru harus cermat dan tepat dalam memilih metode dalam proses pembelajaran.

Proses pembelajaran tidak akan berhasil tanpa adanya motivasi dari siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi Bu...

17 Aug
Balas

Salam literasi juga Bucan

22 Aug

1.Memiliki gairah ...serius? mungkin gairah belajar ya bu... hihihi.. salam kenal bu

15 Aug
Balas

Salam literasi...ya pak

16 Aug



search

New Post