Tensiswarni

NAMA : TENSISWARNI TTL : LIMAU LUNGGO, 23 JUNI 1978 TEMPAT KERJA : SDN 09 PPA KOTA SOLOK SUMATERA BARAT ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM KEHIDUPAN

PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM KEHIDUPAN

Oleh : Tensiswarni,S.Pd.I

Tantangan gurusiana hari ke-97

Solok, 13 Agustus 2020

Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan prilaku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran .Undang-Undang SISDIKNAS no 2 tahun 1989 Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran,dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Pendidikan dalam Islam adalah bimbingan oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani,rohani dan akal anak sehingga bisa terbentuk pribadi muslim yang baik. Pendidikan bisa mencakup segala bentuk aktivitas yang akan memudahkan dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan adalah pondasi atau landasan yang kokoh bagi setiap masyarakat untuk dapat melakukan perubahan sikap dan prilaku dengan cara berlatih dan belajar dan tidak terbatas pada lingkungan sekolah saja.

Meskipun sudah selesai sekolah akan tetap belajar apa-apa yang tidak ditemui di sekolah. Hal ini lebih penting dikedepankan supaya tidak menjadi masyarakat yang tidak punya dasar pendidikan sehingga tidak mencapai kesempurnaan hidup. Apabila kesempurnaan hidup tidak tercapai berarti pendidikan belum membuahkan hasil yang optimal .Fungsi pendidikan merupakan serangkaian tugas atau misi pendidik dapat tertuju pada peserta didik.

Bagi dirinya sendiri,pendidikan berfungsi menyiapkan dirinya agar menjadi manusia secara utuh, sehingga ia dapat menunaikan tugas hidupnya secara baik dan dapat hidup wajar sebagai manusia. Bagi masyarakat berfungsi untuk melestarikan tata sosial dan tata nilai yang ada dalam masyarakat. Jadi tujuan pendidikan dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu menurut Islam dan tujuan pendidikan secara umum. Maka begitu penting nya pendidikan dalam kehidupan ini. Seperti anjuran tuntutlah ilmu dari ayunan sampai keliang lahat. Begitu pentingnya ilmu dalam kehidupan sampai kita ke akhirat. Untuk menuju akhirat kita butuh ilmu bisa diperoleh dari pendidikan baik formal maupun nonformal. Bak kata pepatah minang alam takambang jadi guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar sekali bun..sukses selalu

13 Aug
Balas

Terimakasih Bucan kunjungan digurusiana salam literasi

14 Aug



search

New Post