Tetty

Hanya seorang ibu bekerja biasa. Berusaha menata waktu untuk karir dan keluarga. Dan selalu memiliki impian yang akan diraih. Hingga saat ini, senantiasa menyim...

Selengkapnya
Navigasi Web
WEBINAR PENTIGRAF ILMU BARU DI HARI SABTU

WEBINAR PENTIGRAF ILMU BARU DI HARI SABTU

MEDAN- Sabtu pagi, 20 Juni 2020, menjadi hari yang berbeda bagi para peserta webinar MediaGuru. Pada kesempatan kali ini tema webinar MediaGuru adalah Meneroka Dapur Pentigraf. Pentigraf (cerpen tiga paragraf) adalah cerita pendek yang memuat tokoh, alur dan konflik hanya dalam tiga paragraf. Adapun tatacara untuk mengikuti kegiatan ini adalah dengan melakukan pendaftaran pada link yang tersedia di flyer acara. Setelah mendaftar, peserta dapat mengikuti webinar melalui media Zoom ataupun live streaming melalui channel Media Guru Indonesia di kanal YouTube.

Acara yang dijadwalkan berlangsung selama 2 jam (8.00-10.00 WIB) diawali dengan pembukaan oleh M.Ihsan sebagai host. Kemudian dilanjutkan oleh Tengsoe Tjahjono sebagai penemu Pentigraf dan saat ini juga aktif sebagai dosen di UNES. Setelah itu diikuti oleh pembicara terakhir yaitu Eko Prasetyo (pemimpin redaksi MediaGuru).

“Sejak Pentigraf kami tambahkan sebagai kategori baru di Gurusiana sejak beberapa waktu yang lalu, penulisnya sudah cukup banyak. Kami merasa perlu mempertemukan penulis Gurusiana dengan pak Tengsoe sebagai penemu Pentigraf pertama kali” kata M. Ihsan. Hal ini disampaikan CEO Media Guru tersebut pada pembukaan webinar yang dihadiri lebih kurang 600 orang peserta baik di media Zoom maupun di channel YouTube Media Guru.

“Penulisan Pentigraf tetap memiliki tokoh, alur dan latar cerita yang saling berkaitan satu sama lain. Selain itu Pentigraf juga memiliki ciri khas yaitu adanya kejutan pada paragraph ketiga sebagai penutup cerita” ujar Tengsoe Tjahjono dalam menyampaikan materinya.

Selain materi Pentigraf, acara juga diisi dengan kuis yang dibawakan oleh Eko Prasetyo.

“Menurut hemat saya, webinar cara membuat pentigraf ini sangat edukatif sekali. Apalagi dibimbing langsung oleh penemu Pentigraf itu sendiri. Pentigraf ini sangat membimbing guru pemula dalam memulai menggeluti dunia tulis-menulis. Sebab, cerita pendek yang tiga paragraf ini merupakan ringkasan dari kegiatan menulis yang sesungguhnya” kata Mahniar Sinaga salah seorang peserta webinar. (Tetty Aman)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu Dokter. Lanjutkan

24 Jun
Balas

Makasih bu Ayu :))

24 Jun

Mantap Bu judul berakhiran huruf u

23 Jun
Balas

Hehehe. Makasih bu. The power of kepepet. Karena udah nyaris deadline tadi malam, jadi bisa buat judul yang ini. :)

24 Jun

Bagus,Bu. Lanjutt

24 Jun
Balas

Makasih bu. Masih baru belajar buat Pentigraf.

01 Jul



search

New Post