Theis Wardani

Lahir di Bumi Raflesia 15 Desember 1982. Saat ini bekerja sebagai staf pengajar di SDIT Al Hidayah kabupaten Bekasi,Jawa Barat. Memiliki hobby memasak dan menul...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan hari ke-13TantanganGurusiana

Mendisiplinkan Belajar Anak di Era Pandemi

Banyak orang tua yang mengeluh mendampingi anak belajar dari rumah di masa pandemi ini. Anak-anak di rumah sulit sekali menuntaskan pekerjaan yang diberikan oleh guru secara online tepat waktu. Selalu ada alasan untuk mendebat orang tuanya. Sehingga terjadilah huru-hara antara anak dan orang tua. Ujung-ujungnya anak akan ngambek tidak mau mendengarkan orang tuanya. Mereka akan bilang kalau belajar di rumah itu membosankan dan menyeramkan.

Nah saya mempunyai sedikit tip yang saya sampaikan ke orang tua siswa saat mengeluhkan ini kepada saya. Karena mau tidak mau,suka tidak suka, rupanya belajar dari rumah diperpanjang hingga Januari. Saran saya orang tua harus membuat jadwal untuk kegiatan anaknya. Pembuatan jadwal ini harus disepakati bersama. Selain itu harus membuat konsekuensi jika ada hal-hal di luar kesepakatan. Sehingga anak-anak lebih menerima ketika menjalani konsekuensi daripada menjalani hukuman.

Orang tua juga harus memfasilitasi anak-anak dengan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya memasak bersama,bersih-bersih rumah bersama,bermain bersama dan masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama. Setidaknya walau tidak mendampingi anak selama 24 jam,sisihkan waktu khusus untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

parenting yg bagus...

27 Oct
Balas



search

New Post